Cara Blokir Situs Tertentu Tanpa Software

Huft.. lagi-lagi rebutan komputer sama adek gara-gara dia lagi hobi main game di Facebook. Cape dah .. Atas dasar itulah, saya bertanya kepada mbah google tentang cara memblokir situs tertentu tanpa software. Maklum lah ga mau ribet pake software yang belum terjamin keamanannya. Trik memblokir situs tertentu ini sudah di uji coba di komputer saya, dan ternyata berhasil. Komputer saya bersistem operasi Windows XP.

Oke lah langsung aja.

1. Pertama buka file "hosts" yang berada di C:\WINDOWS\system32\drivers\etc

blokir situs tertentu
blokir situs tertentu

2. Sobat pasti akan menemukan tampilan seperti ini

blokir situs tertentu
"Pilih Notepad" sajalah supaya lebih gampang .. Lalu Klik OK

3. Tambahkan 127.0.0.2 tepat dibawah "127.0.0.1"(untuk selanjutnya tinggal ganti angka belakangnya saja.. misal 127.0.03 ; 127.0.0.4...... dst) dan di sampingnya ketik situs yang ingin sobat blokir (untuk praktek kali kita akan memblokir situs Facebok dan Twitter agar tidak bisa di buka di PC sobat).
blokir situs tertentu
Jangan lupa di save !!

Nah, sekarang cobalah membuka situs yang sobat blokir tadi..
Jahat memang. tapi apa boleh buat .. haha
Semoga bermanfaat..
Read More

CAS - Catatan Akhir Semester

Sebentar lagi semester genap berakhir. Segala kesenangan dan kesusahan di kala duduk di bangku 10-1 akan menjadi kenangan yang tak akan terlupakan. Gue inget waktu baru masuk SMA terasa asing memang. Semua masih sibuk dengan teman satu SMPnya. Tapi, sikap tersebut berangsur-angsur mulai berubah, kami mulai membangun pondasi-pondasi persahabatan dengan penuh keyakinan dan kepercayaan satu sama lain. Pondasi ituah yang nantinya akan membuat kami lebih kuat walau diterpa hujan es berangin (PR dan tugas tugas.. hihi). Setahun bukanlah waktu yang pendek tapi waktu yang panjang (iyalah). Sudah ratusan bahkan ribuan lembar kertas kami habiskan untuk mencatat materi yang diberikan guru-guru kami (tapi kadang kadang buat bikin pesawat-pesawatan).

PR.. hmm.. dua huruf yang sangat familiar terdengar di telinga kami para pelajar. PR yang selalu menghantui kami, menggangu tidur nyenyak kami. Namun PR yang bertubi-tubi itu membuat kami makin solid (gimana gak solid ? satu orang ga ngerjain, semua juga ga ngerjain). Inget kan kalian waktu kita dapet tugas Geografi yang seabrek-abrek ? Kita sama-sama ngerjain (nyontek maksudnya) dengan penuh kesabaran dan yang pasti tampang yang tetep cool. Tak terasa hampir setahun, kita akan berpisah di dalam dua jalur besar. IPA atau IPS. Kami harus memilih sesuai hati nurani kami (kaya nyoblos pemilu aja). Ini yang akan menentukan masa depan kami.

Berjuanglah kawan-kawan. Hidup adalah pilihan. Menjadi pemain atau penonton ? pemenang atau pecundang ? berguna atau sampah ? ekspresikan aksimu !! jangan mau di bodohi ataupun diperbodoh. Jadilah generasi yang cerdas dan taat hukum. Ingat WE ARE X-I (ex one)


Read More

Minyak Bumi - Kimia 10 SMA

Hadoh .. liburan-liburan.... hhaha .. Kakak kelas lagi kesusahan, adek kelas senang senang. Walaupun libur tapi masih aja banyak tugas. salah satunya ini nih, Tugas kimia kelas 10 tentang minyak bumi. Karena gue mau pinter ya .. kerjain ajalah..

Disini kita akan membahas tentang
Proses pembentukan minyak bumi
Komposisi minyak bumi
Pengolahan minyak bumi
Skema Penyulingan
Hasil pengolahan
Dampak penggunaan minyak bumi



Proses pembentukan minyak bumi

Minyak bumi dan gas alam diduga berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu. Dugaan tersebut didasarkan pada kesamaan unsur-unsur yang terdapat dalam bahan tersebut dengan unsur-unsur yang terdapat pada makhluk hidup. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terperangkap di antara lapisan-lapisan kulit bumi. Proses pembentukan minyak bumi dan gas ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Bahkan sepanjang umur kita pun belum cukup untuk membuat minyak bumi dan gas. Jadi kita harus melakukan penghematan dan berusaha mencari sumber energi alternatif.


Komposisi minyak bumi

Minyak bumi hasil pengeboran masih berupa minyak mentah (crude oil) yang kental dan hitam. Crude oil ini terdiri dari campuran hidrokarbon yaitu
  1. Alkana
    Senyawa alkana yang paling banyak ditemukan adalah n-oktana dan isooktana (2,2,4-trimetil pentana)
  2. Hidrokarbon aromatisDiantaranya adalah etil benzene
  3. Sikloalkana Antara lain siklopentana dan etil sikloheksana
  4. Belerang (0,01-0,7%)
  5. Nitrogen (0,01-0,9%)
  6. Oksigen (0,06-0,4%)
  7. Karbon dioksida [CO2]
  8. Hidrogen sulfida [H2S]



Pengolahan minyak bumi

Minyak bumi biasanya beradai 3-4 Km di bawah permukaan. Untuk mengambil minyak bumi tersebut kita harus membuat sumur bor yang telah di sesuaikan kedalamannya. Minyak mentah yang diperoleh ditampung dalam kapal tangker atau dialirkan ke kilang minyak dengan menggunakan pipa. Minyak mentah yang tadi diperoleh belum bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar maupun keperluan lainnya. Minyak mentah tersebut haruslah diolah terlebih dahulu. Minyak mentah mengandung sekitar 500 jenis hidrokarbon dengan jumlah atom C-1 hingga C-50. Pengolahan minyak bumi dilakukan melalui distilasi bertingkat, dimana minyak mentah dipisahkan ke dalam kelompok-kelompok dengan titik didih yang mirip. Hal tersebut dilakukan karena titik didih hidrokarbon meningkat seiring dengan bertambahnya atom karbon (C) dalam molekulnya.
Mula mula minyak metah dipanaskan pada suhu sekitar 400C. Setelah dipanaskan kemudian di alirkan ke menara fraksionasi/destilasi
Menara destilasiMenara destilasi
Dimenara inilah terjadi proses destilasi. Yaitu proses pemisahan larutan dengan menggunakan panas sebagai pemisah. Syarat utama agar terjadinya proses destilasi adalah adanya perbedaan komposisi antara fase cair dan fase uap. Dengan demikian apabila komposisi fase cair dan face uap sama maka proses destilasi tidak mungkin dilakukan. Proses destilasi pada kilang minyak bumi merupakan pengolahan secara fisika yang primer sebagai awal dari semua proses memproduksi BBM (Bahan Bakar Minyak).



skema penyulingan minyak bumi menara destilasi
Skema penyulingan minyak


Minyak mentah hasil dari pengeboran di alirkan ke kapal tangker untuk kemudian di distribusikan ke kilang minyak. Disinilah terjadi proses destilasi yang sudah di jalaskan di atas. Pertama, miyak mentah dipanaskan dengan suhu sekitar 400 derajat C. Komponen yang titik didihnya lebih tinggi akan tetap berupa cairan dan akan mengalir turun ke bawah, sedangkan yang titik didihnya lebih randah akan menguap naik ke atas melalui sungkup-sungkup yang disebut sungkup gelembung. Semakin keatas suhu di dalam menara fraksionasi itu semakin rendah. Dengan demikian, setiap kali komponen dengan titik didih lebih tinggi naik, akan mengembun dan terpisah, sedangkan komponen dengan titik didih lebih rendah akan terus naik ke bagian yang lebih atas lagi. Begitulah seterusnya, sehingga komponen yang paling atas itu berupa gas. Komponen yang berupa gas itu disebut gas petrolium. Kemudia gas petrolium tersebut dicairkan dan dikelan sebagai LPG (Liquefied Petroleum Gas).


Hasil olahan minyak bumi


Dari skema di halaman sebelumnya kita dapat melihat hasil-hasil dari proses destilasi minyak mentah. Diatnaranya yaitu :



  • LPG
    Liquefied Petroleum Gas (LPG) PERTAMINA dengan brand ELPIJI, merupakan gas hasil produksi dari kilang minyak (Kilang BBM) dan Kilang gas, yang komponen utamanya adalah gas propana (C3H8) dan butana (C4H10) lebih kurang 99 % dan selebihnya adalah gas pentana (C5H12) yang dicairkan




  • Bahan bakar penerbangan
    Bahan bakar penerbangan salah satunya avtur yang digunakan sebagai bahan bakar persawat terbang.




  • Bensin
    Bensin merupakan bahan bakar transportasi yang masih memegang peranan penting sampai saat ini. Bensin mengandung lebih dari 500 jenis hidrokarbon yang memiliki rantai C5-C10. Kadarnya bervariasi tergantung komposisi minyak mentah dan kualitas yang diinginkan.




  • Minyak tanah ( kerosin )
    Bahan bakar hidrokarbon yang diperoleh sebagai hasil penyulingan minyak bumi dengan titik didih yang lebih tinggi daripada bensin; minyak tanah; minyak patra.




  • Solar
    Diesel, di Indonesia lebih dikenal dengan nama solar, adalah suatu produk akhir yang digunakan sebagai bahan bakar dalam mesin diesel yang diciptakan oleh Rudolf Diesel, dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering.




  • Pelumas
    Pelumas adalah zat kimia, yang umumnya cairan, yang diberikan diantara dua benda bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Pelumas berfungsi sebagai lapisan pelindung yang memisahkan dua permukaan yang berhubungan




  • Lilin
    Lilin adalah sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Bahan bakar yang digunakan adalah paraffin




  • Minyak bakar
    Minyak bakar adalah hasil distilasi dari penyulingan minyak tetapi belum membentuk residu akhir dari proses penyulingan itu sendiri. Biasanya warna dari minyak bakar ini adalah hitam chrom. Selain itu minyak bakar lebih pekat dibandingkan dengan minyak diesel




  • Aspal
    Aspal ialah bahan hidro karbon yang bersifat melekat (adhesive), berwarna hitam kecoklatan, tahan terhadap air, dan visoelastis. Aspal sering juga disebut bitumen merupakan bahan pengikat pada campuran beraspal yang





  • Dampak negatif penggunaan minyak bumi
    1. Pencemaran udara
      Turunnya kualitas udara akibat zat sisa dari pemakaian minyak bumi

    2. Perubahan iklim
      Penggunaan minyak bumi akan menghasilkan zat sisa berupa CO2¬. Gas tersebut dapat menimbulkan efek rumah kaca di bumi sehingga terjadilah pemanasan global yang sekarang ini sedang terjadi. Pemanasan global tersebutlah yang memicu perubahan iklim di berbagai balahan dunia

    3. Pencemaran air
      Eksploitasi miyak bumi dengan menggunakan kapal tangker, tidak menutup kemungkinan adanya kebocoran pada kapal tangker tersebut. Karena kapal tangker itu bocor, maka minyak mentah yang ada di dalamnya akan keluar dan jatuh keair sehingga mengakibatkan pencemaran air.


    Download dalam format *.doc (Ms.word)
    download

    Daftar pustaka :
    Purba, Michael. 2006. KIMIA 1B untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga
    http://acehforum.or.id
    Mungkin sekian yang bisa di sampaikan .. semoga bemanfaat
    Read More

    Phylum Porifera

    Sobat pernah nonton Spongebob Squarepant ?
    Yup, film kartun produksi Nikelodeon ini menceritakan tentang kehidupan seorang spon yang hidup di sebuah kota bernama Bikini bottom.

    Kali ini kita akan menguak siapa sih sebenarnya si Spongebob itu ?
    Materi ini telah berikan pada saat kita masih duduk di sekolah menengah pertama (SMP) namun akan lebih diperdalam di Sekolah Menengah Atas (SMA) di semester dua.

    Kali ini kita akan membahas tentang :
    1. Pengertian Porifera
    2. Lapisan Porifera
    3. Struktur tubuh
    4. Sistem sirkulasi air
    5. Klasifikasi Porifera

    Porifera (Latin, Phorus = pori-pori, ferre = pembawa) adalah hewan invertebrata yang mempunyai tubuh berpori-pori. Bentuk tubuh hewan ini tidak hanya kotak, tapi bermacam macam. Ada yang seperti piala, terompet, dan ada yang bercabang menyerupai tumbuhan. Struktur tubuhnya radial simetris. Porifera hidup di air laut dan air tawar.


    Porifera memiliki tiga lapisan
    1. Epidermis (lapisan terluar)
      Lapisan terluar dari porifera dan tersusun oleh sel sel epitelium pipih yang disebut Pinakosit
    2. Mesoglea
      Lapisan pembatas antara epidermis dan endodermis. Mesoglea pada Porifera mengandung dua macam sel yaitu:
      • Sel Ameboid
        Sel ameboid berfungsi untuk mengangkut zat makanan dan zat-zat sisa metablisme dari sel satu ke sel lain
      • Sel Sklerobas
        Sel Sklerobas berfungsi sebagai pembentuk spikula
    3. Endodermis (lapisan dalam)
      Endodermis adalah lapisan dalam yang terdiri dari sel-sel leher atau koanosit yang memiliki flagel dan berfungsi sebagai pencerna makanan


    Porifera mengeluarkan zat sisa metabolisme (Ekskresi dan Respirasi) secara difusi melalui permukaan tubuh.
    Sel Koanosit pada porifera berfungsi sebagai alat pencernaan
    Sel Arkeosit pada porifera berfungsi sebagai alat reproduksi.



    Struktur tubuh
    Photobucket
    Keterangan.
    oskulum    : tempat keluarnya air yang berasal dari spongosol
    mesoglea   : lapisan pembatas antara lapisan dalam dan lapisan luar
    porosit    : saluran penghubung antara pori-pori dan spongosol. tempat masuknya air.
    spongosol  : rongga di bagian dalam tubuh porifera
    ameboid    : sel yang berfungsi mengedarkan makanan.
    epidermis  : lapisan terluar
    spikula    : pembentuk/penyusun tubuh
    flagel     : alat gerak koanosit
    koanosit   : sel pelapis spongosol seta berfungsi sebagai pencerna makanan.
    di bagian ujungnya terdapat flagel dan di pangkalnya terdapat vakuola.

    Sistem sirkulasi air
    Sistem saluran air pada porifera dibedakan menjadi tiga tipe yaitu :
    1. Ascon
      Ascon merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran lurus yang langsung menuju ke spongosol (rongga dalam)
    2. Sycon
      Sycon merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran yang bercabang-cabang ke rongga-rangga yang berhubungan langsung dengan spongosol
    3. Leucon.
      Leucon merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran yang bercabang-cabang ke rongga yang sudah tidak berhubunga langsung dengan spongosol.


    Klasifikasi
    1. Calcarea
      Calcarea memiliki spikula dari zat kapur dan hidup di laut yang dangkal
    2. Hexactinellida
      Hexactinellida sering di sebut spons gelas. Memiliki spikula dari zat kresik dan hidup di laut yang dalam.
    3. Demospongiae
      Demospongiae bertubuh lunak karena tidak memiliki rangka.



    Nah.. sekarang sobat sudah tau kan siapa sebenarnya spongebob itu.

    Daftar pustaka : Buku Catatan Sekolah
    Biologi 10 SMA : Diah Aryulina DKK.
    Read More

    Perbedaan Reply dan Retweet di twitter

    Twitter, situs jejaring sosial dengan fitur sangat minimalis yang berada di urutan 12 dunia versi Alexa. Walaupun fiturnya sangat sederhana, namun masih ada saja yang bingung menggunankan twitter sebagai media sosialisasi. Seperti halnya saya yang pada awalnya tidak tau perbedaan fungsi 'reply' dengan 'retweet'.

    Reply (bahasa Indonesia, reply = jawab) digunakan untuk menjawab tweet orang lain yang ditujukan kepada kita.

    Retweet (bahasa Indonesia, re = kembali) digunakan untuk menjawab tweet orang lain yang ditujukan kepada kita dengan menyertakan tweet orang tersebut. Fungsi retweet sama seperti fungsi 'quote' pada forum. Retweet digunakan supaya kita tidak lupa sedang membicarakan tentang apa. CMIIW

    Misalnya : dhupan ada, mtk sama biologi RT @jaki ada pr ga ?

    maksudnya tuh jaki ngetweet 'besok ada pr ga ?' lalu di retweet dhupan 'ada, mtk sama biologi'. ya kurang lebih kaya gitu lah..

    Mungkin hanyaitu yang saya tau..
    semoga bermanfaat.

    Pesan:
    Gunakan situs jejaring sosial sebagaimana mestinya. Jangan sembarangan menyebutkan nama seseorang, golongan, kelompok, atau instansi.

    Follow me @ http://twitter.com/dhupan
    Read More

    Setting Modem Cosun Speedy

    Sip dapet ilmu baru nih sob. Baru aja diajarin setting modem. Kebetulan modem saya merknya Cosun ADSL 2+. Modem itu sering ke reset sendiri. Jadi settingannya berubah ke settingan pabrik. Kalo gitu kan ga bisa buat konek ke internet. Kejadian ini biasanya ditandai tidak menyalanya lampu Data. Kalo gitu sebagai orang awam kita cuma bisa komplain ke 147 dan menunggu hingga teknisi datang untuk membenahi setingan yang salah.
    Katanya sih modem ini memang tidak bagus, sering berubah settingannya.
    Modemnya nih (cosun)
    setting modem cosun speedy

    Nih .. kalo masalah setingannya pasti lampunya ga nyala
    setting modem cosun speedy

    Oke deh.. sekarang saatnya Setting modem cosun biar bisa konek lagi

    1. Nyalakan modem dan pastikan modem terhubung ke Kompoter dan kabel telepone.


    2. Pergi ke http://192.168.1.1 dari browser sobat.
      setting modem cosun speedy
      Nama pengguna: admin
      Kata sandai : admin
      klik ok


    3. Klik Advenced setting di sidebar kiri
      setting modem cosun speedy


    4. Klik Edit kotak paling kanan
      setting modem cosun speedy


    5. Check list Enable quality of service
      setting modem cosun speedy
      Port : 0
      VPI : 0
      VCI : 35
      Service category : UBR without PCR
      Next !


    6. Pilih PPP Over Ethernet lalu klik next
      setting modem cosun speedy


    7. Isi form PPP username, PPP password
      setting modem cosun speedy
      PPP username : no speedy@telkom.net (ex 123456789235@telkom.net)
      PPP password : Tertera di lembaran BERITA ACARA AKTIVASI SPEEDY
      Checklist Enable Fullcone NAT
      Checklist Bridge PPPoE Frames......... Next !


    8. Checklist dua duanya
      setting modem cosun speedy
      sevicename terserah
      next !


    9. Klik save
      setting modem cosun speedy


    10. Klik Save/Reboot


    Tunggu sampai selesai booting.. kalo berhasil lampu data akan menyala !
    nah .. gitu tuh cara setting modem cosun speedy

    Semoga Bermanfaat
    Read More

    Icon-icon Microsoft Word Beserta Fungsinya

    word
    Dapet tugas lagi, lagi, dan lagi. Kali ini kami siswa/i 10-1 ditugaskan oleh guru TIK untuk membuat penjelasan dari icon-icon pada Microsoft word. Kebayang kan tuh banyaknya kaya apa ? Tapi itu semua harus kami kerjakan demi kelangsungan hidup kami (lebaynya mulai). Kebetulan saya telah membuat penjelasan tentang Icon di Microsoft word beserta fungsinya. Ya ada sekitar 40 icon lah. Barang siapa yang belum buat, kalian boleh sedot, download maksudnya. Lumayan kan buat nambah-nabahin yang udah ada.

    screenshot
    icon microsoft word

    Itu baru sebagian aja. untuk lebih lengkapnya silahkan download icon-icon Microsoft word beserta fungsiya di sini

    File yang akan sobat download berformat .doc (format dokumen MS.word)
    semoga bermanfat
    Read More

    Belajar Romance D' Amour (Tab)

    Ajib nih lagu.. asoy.. lumayan lah buat pemanasan belajar akustik. Buat terapi manjangin jari juga bisa nih. Buat yang belom tau lagunya bias di download di sini . Dengerin dulu tuh lagunya. Kalo udah mantep baru deh coba coba maenin. Verse 1 sih agak gampang, belum membutuhkan jari jari yang panjang. Tapi verse 2-nya itu loh.. maantap.. tapi kalo udah bisa keren dah.
    Oke .. buat belajar lagu romance de amour kita butuh
    1. Gitar, disarankan gitar akustik biar mantep suaranya
    2. Sepuluh jari tangan
    3. Keinginan untuk bisa
    4. Sikap pantang menyerah.

    Lets begin ...

    A

    7--7--7--|7--5--3--|3--2--0--|0--3--7--|12--12--12--|12--10--8---|| e
    -0--0--0-|-0--0--0-|-0--0--0-|-0--0--0-|- 0-- 0-- 0-|- 0-- 0--0--|| h
    --0--0--0|--0--0--0|--0--0--0|--0--0--0|- -0- -0- -0|- -0- -0--0| g
    ---------|---------|---------|---------|------------|------------|| d
    ---------|---------|---------|---------|------------|------------|| a
    0--------|0--------|0--------|0--------|0-----------|0 --- ------|| e

    4/6B 6/6BNumbered List

    8--7--5--|5--7--8--|7--8--7--|11--8--7--|7--5--3--|3--2--0--|
    -5--5--5-|-5--5--5-|-7--7--7-|- 7--7--7-|-0--0--0-|-0--0--0-|
    --5--5--5|--5--5--5|--8--8--8|- -8--8--8|--0--0--0|--0--0--0|
    ---------|---------|---------|- --------|---------|---------|
    0--------|0--------|---------|- --------|---------|---------|
    ---------|---------|7--------|7 --------|0--------|0-----3--|


    ___________________ __________________
    1. B | |2. C |

    2--2--2--|2--3--2--| 0--------|--------- || 0--------|--------|
    -1--1--1-|-0--0--0-| -0--0--0-|-0--0--0-*|| -0--0--0-|-0---0--|
    --2--2--2|--2--2--2| --0--0--0|--0--0--0 || --0--0--0|--0-----|
    ---------|------1--| 2--------|--------- || 2--------|--------|
    0--------|2--------| ---2-----|--2------*|| ---2-----|---2----|
    ---------|---------| ------3--|0-----3-- || ------3--|0-------|


    D 6/6B

    4--4--4--|4--2--0--|---------|-------2-|9--9--9--|9--11--9--|
    -0--0--0-|-0--0--0-|5--4--4--|4--3--4-0|-7--7--7-|-7-- 7--7-|
    --1--1--1|--1--1--1|-2--2--2-|-2--2----|--8--8--8|--8- -8--8|
    ---------|---------|--4--4--4|--4--4---|---------|----------|
    ---------|---------|0--------|2--------|------9--|----------|
    0--------|0--------|---------|---------|---------|7---------|

    9--7--7--|7--9--11--|12--12--12--|12--11--10--|9--9--9--|9--7--5--|
    -9--9--9-|-9--9-- 9-|- 9-- 9-- 9-|- 9-- 9-- 9-|-5--5--5-|-5--5--5-|
    --9--9--9|--9--9- -9|- -9- -9- -9|- -9- -9- -9|--6--6--6|--6--6--6|
    ---------|----------|------------|------------|---------|---------|
    ---------|----------|------------|------------|0--------|0--------|
    0--------|0---------|0-----------|0-----------|---------|---------|


    ___________________ ___________________
    |1. E | |2. F |

    4--4--4--|4--5--2--|0--------|-------02|| 0--------|---------|
    -0--0--0-|-4--4--4-|-0--0--0-|-0--024--|| -0--0--0-|-0--02420|
    --1--1--1|--2--2--2|--0--0--0|--0------|| --0--0--0|--0------|
    ---------|---------|---------|---------|| ---------|---------|
    2--------|2--------|---2-----|---2-----|| ---2-----|---2-----|
    ---------|---------|0-----3--|0--------|| 0-----3--|0--------|

    G

    2--2--2--|2--3--2--|0--0--0--|0--2--0--|0--------|---------|
    -0--0--0-|-0--0--0-|-1--1--1-|-1--1--1-|-0--0--0-|-0--0--0-|
    --2--2--2|--2--2--2|--0--0--0|--2--2--2|--0--0--0|--0--0--0|
    ---------|1--------|---------|---------|---------|---------|
    0-----2--|------2--|3-----2--|0--------|---2-----|---2-----|
    ---------|---------|---------|---------|0-----3--|0-----3--|


    ---------|---0----12--------------------------------||
    ---------|--0---12----------------------------------||
    ---------|-0--12------------------------------------||
    ---------|2-----------------------------------------||
    ------2--|------------------------------------------||
    0--------|------------------------------------------||


    copied from : http://www.ultimate-guitar.com/tabs/r/romance/romance_damour_tab.htm

    kalo belom bisa juga bisa dicari video tutorialnya di youtube. Atau search aja di google.
    Read More

    Sukses Ujian Nasional

    UN (ujian nasional) salah satu yang ditakuti pelajar seair tanah .. eh setanah air.. Gimana gak takut ? belajar selama tiga tahun cuma ditentukan dalam waktu kurang dari 7 hari. Kalo lulus ya sukur.. kalo engga ?? jeng jeng.. bisa kebayang kan rasanya ? Tapi semua itu harus dilewati. "Ujian membuat kita lebih mantap menjalani kehidupan". Disini gue cuma mau bagi pengalaman waktu UN SMP. Sebenernya UN tuh ga seseram yang kita pikirkan. Hadapi aja dengan santai tapi pasti.

    Hal yang perlu disiapkan antara lain:
    1. Pemahaman yang mendalam tentang materi yang akan diujikan (skl).
    Kalo yang satu ini bisa di capai dengan cara belajar giat, sering sering belajar kelompok, konsultasi ke guru yang bersangkutan, banyak banyak ngerjain soal aja deh. Biasanya pihak sekolah akan mengadakan jam tambahan. Syarat yang satu ini harus dapat dipenuhi paling lambat seminggu sebelum UN.
    2. Jaga kondisi tubuh agar tetap vit
    Meskipun harus mengejar materi, jangan lupa jaga kondisi tubuh. Jangan sampe ikut ujian susulan gara-gara sakit kecapean belajar.
    3. Refresh otak kalian
    Seminggu sebelum UN saatnya untuk santai. Jalan-jalan ke ragunan kek, ke taman safari kek, ke monas kek, ke Mall juga boleh. Biar otak kita fresh bro.
    4. Siapkan alat tempur kalian.
    Ibarat perang, kalo ga ada senjata ya ga bakal bisa menang. Kalo mau menang kita harus punya senjata yang lengkap. (misalnya perang pake helm tapi ga pake baju sama celana, kan percuma.)
    siapkan senjata selengkap mungkin. mulai dari pensil 2b (yang "ijo-ijo" itu bagus tuh) jangan yang palsu !!, penghapus ( pengalaman aja nih ye.. penghapus bagus yang warnanya hitam, kalo yang warna putih tuh biasanya bakal ninggalin noda kalo buat ngapus. coba deh.. !), rautan, papan tatakan (kalo bisa yang dari plastik. atau ga dari kaca biar bisa ngaca, walaupun lagi UN harus tetep cool dong !) terus apa lagi ya ?? kayanya udah cukup deh..
    5. Jangan lupa bawa kartu peserta
    Nah.. ini dia nih.. hal sepele yang dampaknya lumayan. Bisa bisa lo ga boleh ikut ujian gara-gara ga bawa kartu peserta.
    6. Pasang strategi !
    Di hari pertama fokuskan pada pengenalan area. Gambar denah kelas beserta letak tempat duduk siswa yang lo anggap bisa membantu. Hari kedua, mulai serangan secara gerilya. Hari selanjutnya terserah lo aja deh.. Kalo bisa sih ada koordinasi antara siswa satu ruangan.
    7. Do'a dan Ikhlas
    Yang paling penting tuh do'a. Minta doa ke kedua orang tua kalian, teman, guru, pokoknya semuanya deh. Ikhlas atas segala sesuatu yang akan terjadi. Entah itu nilai bagus, sedang atau jelek. Pokoknya ikhlaskan semua kepada-Nya. Kita hanya berusaha Dialah yang menentukan.

    udah deh kayanya itu aja.. Selamat bersenang senang aja deh.. UN tuh menyenangkan. jangan di lewatkan bagitu aja.. Tiga tahun sekali loh. Hanya dua kali seumur hidup.
    Read More

    Hydrozoa - Phylum Coelenterata

    hydrozoaHydrozoa berasal dari bahasa yunani hydro = air, dan zoa = hewan. Hydrozoa adalah hewan yang termasuk ke dalam filum coelenterata. Sebagian besar dari Hydrozoa hidup di air tawar. Hydrozoa dapat hidup soliter (sendiri-sendiri) yang pada umumya berbentuk polip, dan berkoloni dengan bentuk polip dan medusa. Contoh dari hydrozoa adalah Hydra, obelia, dan physalia.

    Obelia merupakan hydrozoa yang hidup berkoloni di laut. Obelia memiliki bentuk polip dan medusa.

    Siklus hidup Obelia
    siklus obelia
    Keterangan :
    1. Pada Polip obelia dewasa yang bersifat diploid (2n) terdapat dua jenis polip. Yang pertama Polip Dengan Tentakel yang berfungsi untuk hal nutrisi (makanan) dan yang kedua Polip Tanpa Tentakel yang berfungsi sebagai reproduksi aseksual.
    2. Polip tanpa tentakel yang melakukan reproduksi secara aseksual itu menghasilkan Tunas Medusa.
    3. Tunas Medusa kemudian lepas dari polip dan tumbuh menjadi Medusa Dewasa.
    4. Medusa Dewasa itu ada yang menghasilkan Sel telur (Ovum) dan Sel sperma (Spermatozoid)
    5. Ovum dan Sperma yang dilepaskan di air bertemu dan terjadilah fertilisasi
    6. Fertilisasi yang terjadi di air akan menghasilkan Zigot
    7. Zigot berkembang menjadi Larva Planula
    8. Larva Planula kemudian menempel di dasar laut dan tumbuh menjadi Koloni muda dan kemudaian tumbuh menjadi koloni dewasa (polip obelia dewasa)

    Itulah sedikit tentang hydrozoa dan siklus obelia
    Semoga bermanfaat..
    CMIIW ..
    Daftar pustaka : Buku Catatan Sekolah
    Read More

    Cara Menampilkan Artikel Blog Di Facebook

    Jika sobat ingin artikel blog sobat terpampang di profil atau information page Facebook sobat, aplikasi facebook yang satu ini patut dicoba. Nama aplikasinya Simplaris Blogcast. Dengan aplikasi simplaris blogcast postingan di blog akan muncul di profil sobat dan yang pasti akan dilihat teman atau kenalan sobat di facebook. Ini membantu sobat dalam mempromosikan blog. Biar tambah terkenal a.k.a Populer.

    Caranya sih ga susah-susah banget.

    1.Masuk ke Simplaris Blogcast Disini

    2. Allow access

    3. Silakan masukan alamat feed blog/website
    simplaris facebook
    Misalnya untuk blogger:

    http://aditya-pandhu.blogspot.com/feeds/posts/default

    (ganti aditya-pandhu dengan alamat blog sobat)

    Sedangkan untuk yang memakai feedburner

    http://feeds.feedburner.com/adityapandhu

    (ganti adityapandhu dengan alamat yang didaftarkan pada feedburner)

    4.Setelah menekan tombol “Lets Blogcast!” akan muncul tampilan tanpa ada isi feed atau artikel, silakan klik "blogcast it!" pada artikel yang akan ditampilkan
    pandhu-facebook

    5.Dan akan muncul seperti ini
    simplaris facebook

    Sedangkan untuk konfigurasi lainnya bisa kita lihat di bagian setting
    simplaris facebook

    Silakan pilih sesuai keinginan Anda

    Untuk menambahkan Simplaris ke halaman Facebook silakan klik kedua tombol “tambahkan ke info” dan “tambahkan ke profil” (pada halaman setting)
    simplaris facebook

    Dan terakhir adalah tampilan dari halaman facebook kita yang sudah diisi dengan artikel terbaru dari blog/website lewat aplikasi “Simplaris Blogcast”
    simplaris facebook

    Semoga Bermanfaat

    source : http://www.trickfacebook.com
    Read More

    Proses Pembentukan, Faktor, dan Jenis-jenis Tanah


    Wahwah .. Dapat tugas lagi nih dari guru geografi .. Disuruh nyari tentang tanah dan erosi ..

    Pengertian Tanah
    Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun atas mineral dan bahan organik

    Proses Pembentukan Tanah
    Pembentukan tanah di bagi menjadi empat tahap
    1. Batuan yang tersingkap ke permukaan bumi akan berinteraksi secara langsung dengan atmsosfer dan hidrosfer. Pada tahap ini lingkungan memberi pengaruh terhadap kondisi fisik. Berinteraksinya batuan dengan atmosfer dan hidrosfer memicu terjadinya pelapukan kimiawi.

    2. Setelah mengalami pelapukan, bagian batuan yang lapuk akan menjadi lunak. Lalu air masuk ke dalam batuan sehingga terjadi pelapukan lebih mendalam. Pada tahap ini di lapisan permukaan batuan telah ditumbuhi calon makhluk hidup.

    3. Pada tahap ke tiga ini batuan mulai ditumbuhi tumbuhan perintis. Akar tumbuhan tersebut membentuk rekahan di lapisan batuan yang ditumbuhinya. Di sini terjadilah pelapukan biologis.

    4. Di tahap yang terakhir tanah menjadi subur dan ditumbuhi tanaman yang ralatif besar.

    Faktor Pembentukan Tanah
    Ada beberapa faktor pembentukan tanah, diantaranya :
    1. Iklim
      • Suhu
        Jika suhu semakin tinggi maka makin cepat pula reaksi kimia berlangsung
      • Curah Hujan
        Makin tinggi curah hujan, makin tinggi pula tingkat keasaman tanah


    2. Bahan Induk
      Yang dimaksud bahan induk adalah bahan penyusun tanah itu sendiri yang berupa batuan

    3. Organik
      Bahan organaik berpengaruh dalam pembentukan warna dan zat hara dalam tanah.

    4. Makhluk Hidup
      Semua makhluk hidup berpengaruh. Baik itu jasad renik, tumbuhan, hewan bahkan manusia.

    5. Topografi
      Topografi alam dapat mempercepat atau memparlambat kegiatan iklim. Misalnya pada topografi miring membuat kecepatan air tinggi dan dapat meyebabkan terjadinya erosi.

    6. Waktu
      Lamanya bahan induk mengalami pelapukan dan perkembangan tanah memainkan peran penting dalam menentukan jenis tanah yang terbentuk.


    Jenis-jenis Tanah
    1. Tanah Humus
      Tanah yang sangat subur berasal dari pelapukan daun dan batang di hutan hujan tropis yang lebat.

    2. Tanah Pasir
      Tanah yang kurang baik bagi pertanian. Terbentuk dari pelapukan batuan beku serta sedimen yang memiliki butir kasar dan berkerikil.

    3. Tanah Aluvial
      Tanah yang dibentuk dari lumpur sungai yang mengedap di dataran rendah.

    4. Tanah Podzolit
      Tanah subur yang pada umumnya berada di pegunungan dengan curah hujan yang tinggi

    5. Tanah Vulkanik
      Tanah yang terbentuk dari lapukan materi letusan gunung berapi dengan zat hara yang tinggi

    6. Tanah Laterit
      Tanah yang tadinya subur menjadi tidak subur karena unsur hara pada tanah tersebut terbawa oleh air hujan.

    7. Tanah Mediteran
      Tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan yang kapur

    8. Tanah Gambut
      Tanah Yang terbentuk dari lapukan tumbuhan rawa


    Semoga membantu..
    Read More