Langsung ke konten utama

Sukses Ujian Nasional

UN (ujian nasional) salah satu yang ditakuti pelajar seair tanah .. eh setanah air.. Gimana gak takut ? belajar selama tiga tahun cuma ditentukan dalam waktu kurang dari 7 hari. Kalo lulus ya sukur.. kalo engga ?? jeng jeng.. bisa kebayang kan rasanya ? Tapi semua itu harus dilewati. "Ujian membuat kita lebih mantap menjalani kehidupan". Disini gue cuma mau bagi pengalaman waktu UN SMP. Sebenernya UN tuh ga seseram yang kita pikirkan. Hadapi aja dengan santai tapi pasti.

Hal yang perlu disiapkan antara lain:
1. Pemahaman yang mendalam tentang materi yang akan diujikan (skl).
Kalo yang satu ini bisa di capai dengan cara belajar giat, sering sering belajar kelompok, konsultasi ke guru yang bersangkutan, banyak banyak ngerjain soal aja deh. Biasanya pihak sekolah akan mengadakan jam tambahan. Syarat yang satu ini harus dapat dipenuhi paling lambat seminggu sebelum UN.
2. Jaga kondisi tubuh agar tetap vit
Meskipun harus mengejar materi, jangan lupa jaga kondisi tubuh. Jangan sampe ikut ujian susulan gara-gara sakit kecapean belajar.
3. Refresh otak kalian
Seminggu sebelum UN saatnya untuk santai. Jalan-jalan ke ragunan kek, ke taman safari kek, ke monas kek, ke Mall juga boleh. Biar otak kita fresh bro.
4. Siapkan alat tempur kalian.
Ibarat perang, kalo ga ada senjata ya ga bakal bisa menang. Kalo mau menang kita harus punya senjata yang lengkap. (misalnya perang pake helm tapi ga pake baju sama celana, kan percuma.)
siapkan senjata selengkap mungkin. mulai dari pensil 2b (yang "ijo-ijo" itu bagus tuh) jangan yang palsu !!, penghapus ( pengalaman aja nih ye.. penghapus bagus yang warnanya hitam, kalo yang warna putih tuh biasanya bakal ninggalin noda kalo buat ngapus. coba deh.. !), rautan, papan tatakan (kalo bisa yang dari plastik. atau ga dari kaca biar bisa ngaca, walaupun lagi UN harus tetep cool dong !) terus apa lagi ya ?? kayanya udah cukup deh..
5. Jangan lupa bawa kartu peserta
Nah.. ini dia nih.. hal sepele yang dampaknya lumayan. Bisa bisa lo ga boleh ikut ujian gara-gara ga bawa kartu peserta.
6. Pasang strategi !
Di hari pertama fokuskan pada pengenalan area. Gambar denah kelas beserta letak tempat duduk siswa yang lo anggap bisa membantu. Hari kedua, mulai serangan secara gerilya. Hari selanjutnya terserah lo aja deh.. Kalo bisa sih ada koordinasi antara siswa satu ruangan.
7. Do'a dan Ikhlas
Yang paling penting tuh do'a. Minta doa ke kedua orang tua kalian, teman, guru, pokoknya semuanya deh. Ikhlas atas segala sesuatu yang akan terjadi. Entah itu nilai bagus, sedang atau jelek. Pokoknya ikhlaskan semua kepada-Nya. Kita hanya berusaha Dialah yang menentukan.

udah deh kayanya itu aja.. Selamat bersenang senang aja deh.. UN tuh menyenangkan. jangan di lewatkan bagitu aja.. Tiga tahun sekali loh. Hanya dua kali seumur hidup.

Komentar

  1. saya mau nanya dong,kmarin saya lagi ngisi nmr pserta tiba2 pensil saya patah krn terlalu kenceng nekennya,dan ptahan itu ninggalin bekas tekanan pensil gtu,terkesan kyak bolong tapi pas dibalik ljknya ga bolong/ga tmbus ke belakang.itu masih bisa di baca ga??
    bls ya...!!

    BalasHapus
  2. ya .. seperti yang sudah tertulis di atas .. semua bisa di scan asalkan tidak sobek, bolong atau kotor (parah).. jadi, tenang saja .. LJK sobat masih bisa di baca kok ..

    BalasHapus

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !

Postingan populer dari blog ini

Minyak Bumi - Kimia 10 SMA

Hadoh .. liburan-liburan.... hhaha .. Kakak kelas lagi kesusahan, adek kelas senang senang. Walaupun libur tapi masih aja banyak tugas. salah satunya ini nih, Tugas kimia kelas 10 tentang minyak bumi. Karena gue mau pinter ya .. kerjain ajalah..

Disini kita akan membahas tentang
Proses pembentukan minyak bumi
Komposisi minyak bumi
Pengolahan minyak bumi
Skema Penyulingan
Hasil pengolahan
Dampak penggunaan minyak bumi



Proses pembentukan minyak bumi
Minyak bumi dan gas alam diduga berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu. Dugaan tersebut didasarkan pada kesamaan unsur-unsur yang terdapat dalam bahan tersebut dengan unsur-unsur yang terdapat pada makhluk hidup. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terp…

Phylum Mollusca

Mollusca berasal dari bahasa latin yaitu molluscus yang artinya lunak. Jadi Filum Mollusca adalah kelompok hewan invretebrata yang memiliki tubuh lunak. Tubuh lunaknya itu dilindungi oleh cangkang, meskipun ada juga yang tidak bercangkang. Mollusca yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah siput. Siput merupakan salah satu Mollusca yang teramsuk ke dalam kelas gastropoda. yaitu berjalan dengan menggunakan perutnya.




Pokok bahasan Pengertian MolluscaCiri-ciri MolluscaStruktur Tubuh MolluscaCara hidup MolluscaHabitat MolluscaReproduksi MolluscaKlasifikasi Mollusca

Ciri-ciri Mollusca: Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang.Habitatnya di ait maupun daratMerupakan hewan triploblastik selomata. Struktur tubuhnya simetri bilateral.Tubuh terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel.Memiliki sistem syaraf berupa cincin syarafOrgan ekskresi berupa nefridiaMemiliki radula (lidah bergigi)Hidup secara heterotrofReproduksi secara seksual
Ciri tubuh Mollusca Molusca terdiri da…

Phylum Porifera

Sobat pernah nonton Spongebob Squarepant ?
Yup, film kartun produksi Nikelodeon ini menceritakan tentang kehidupan seorang spon yang hidup di sebuah kota bernama Bikini bottom.

Kali ini kita akan menguak siapa sih sebenarnya si Spongebob itu ?
Materi ini telah berikan pada saat kita masih duduk di sekolah menengah pertama (SMP) namun akan lebih diperdalam di Sekolah Menengah Atas (SMA) di semester dua.

Kali ini kita akan membahas tentang :
Pengertian PoriferaLapisan PoriferaStruktur tubuhSistem sirkulasi airKlasifikasi Porifera

Porifera (Latin, Phorus = pori-pori, ferre = pembawa) adalah hewan invertebrata yang mempunyai tubuh berpori-pori. Bentuk tubuh hewan ini tidak hanya kotak, tapi bermacam macam. Ada yang seperti piala, terompet, dan ada yang bercabang menyerupai tumbuhan. Struktur tubuhnya radial simetris. Porifera hidup di air laut dan air tawar.

Porifera memiliki tiga lapisan Epidermis (lapisan terluar)
Lapisan terluar dari porifera dan tersusun oleh sel sel epitelium pipih yang …