Langsung ke konten utama

Pemantulan Cahaya Pada Cermin Cekung dan Cembung

Pada waktu SMP kita pernah diajarkan pemantulan cahaya pada cermin cekung dan cembung.
Nah, sekarang akan saya buktikan dengan sebuah sendok.

Cermin Cekung
cermin cekung
Semua sinar yang datang sejajar sumbu utama (O) akan dipantulkan kembali melalui titik fokus.
Jadi, sinar pantul akan berkumpul/berpotongan di satu titik yaitu titik fokus.

sendok cekung
Dari gambar diatas sobat bisa melaihat sinar pantul berpotongan pada satu titik (fokus)

Cermin Cembung

Semua sinar yang datang sejajar sumbu utama akan dipantulkan seolah olah melalui titik fokus.
Bisa dilihat pada gambar. Kalau sinarnya datang sejajar sumbu utama, maka senar pantulnya akan berpencar (melebar)
sendok cembung
Dari gambar diatas kita dapat melihat bahwa Sinar pantul melebar/memencar.

Kalau sobat masih penasaran silahkan sobat praktekan sendiri. Hanya dengan bermodalkan sinar dan sebuah sendok.

Tambahan
Perbesaran linear para CERMIN LENGKUNG
perbesaran liniarcermin lengkung

M = Perbesaran
h' = Tinggi bayangan
h = Tinggi benda
s' = Jarak bayangan
s = Jarak benda


Rumus umum CERMIN LENGKUNG
Rumus cermin lengkung
f  = Titik api/fokus cermin
s = Jarak benda
s' = Jarak bayangan

Sekian dulu percobaan pembuktian pemantulan sinar pada cermin cekung dan cermin cembung.
Semoga bermanfaat.
Daftar pustaka : Buku Catatan Sekolah

Komentar

  1. makassih iia panduu .. :)
    tapii kurank banyakk .. '

    :p

    BalasHapus
  2. sama sama ... iya nih emang kurang banyak .. hhe

    BalasHapus
  3. mangstab mau uas ni

    BalasHapus
  4. Makasih informasinya untuk bikin tugas

    BalasHapus
  5. mantaappp artikel dan materinya.
    nak smanti nih admin.
    mantaaaap

    BalasHapus
  6. thanks :D
    ini juga lagi iseng iseng ama sendok, eh teringat hukum fisika. yaudah di share deeeh. hhe

    BalasHapus
  7. Terima kasih banyak. Murid saya tadi bertanya, apa sih yang dimaksud dengan bayangan maya dan nyata? Apa contohnya? Saya kebingungan menjawabnya. Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Kurang banyak!
    tugas gw mah banyak..-__-

    BalasHapus
  9. bagus!
    tapi buat tugas emang kedikitan
    ehehe

    BalasHapus
  10. Makasih!! Jadi ingat lagi nih.. hehee
    tapi emang masih terlalu sedikit. :D

    BalasHapus
  11. syukron katsiiron...

    BalasHapus
  12. syukron katsiiron...

    BalasHapus
  13. Makasih Kakak!! Postingannya membantu sekali!!

    BalasHapus
  14. hmm.. kurang lengkap bro :D

    BalasHapus
  15. hmm.. kurang lengkap bro :D

    BalasHapus
  16. nice share gan

    www.frekuensi.co.cc

    BalasHapus
  17. cermin cekungnya kurang lengkap buu ..
    aku buat tugas :) he

    BalasHapus
  18. ok nice postingannya

    mampir
    ardiansyah-nomore.blogspot.com

    BalasHapus
  19. thanks.. cukup membantu

    BalasHapus
  20. Yang suka main FB dan punya games Ameba Pico Virtual World,mau buat nick piconya... Buka www.raisyadantiarabff.blogspot.com

    BalasHapus
  21. makasihh buat bLooog nyaa yyaa

    salam dari Pdng

    BalasHapus
  22. eh kurang banyak nich bwt tgas...
    tp gak apalah jd tmbh tmbh biarpun dikit.....
    sippppp......

    BalasHapus

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !

Postingan populer dari blog ini

Minyak Bumi - Kimia 10 SMA

Hadoh .. liburan-liburan.... hhaha .. Kakak kelas lagi kesusahan, adek kelas senang senang. Walaupun libur tapi masih aja banyak tugas. salah satunya ini nih, Tugas kimia kelas 10 tentang minyak bumi. Karena gue mau pinter ya .. kerjain ajalah..

Disini kita akan membahas tentang
Proses pembentukan minyak bumi
Komposisi minyak bumi
Pengolahan minyak bumi
Skema Penyulingan
Hasil pengolahan
Dampak penggunaan minyak bumi



Proses pembentukan minyak bumi
Minyak bumi dan gas alam diduga berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu. Dugaan tersebut didasarkan pada kesamaan unsur-unsur yang terdapat dalam bahan tersebut dengan unsur-unsur yang terdapat pada makhluk hidup. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terp…

Phylum Porifera

Sobat pernah nonton Spongebob Squarepant ?
Yup, film kartun produksi Nikelodeon ini menceritakan tentang kehidupan seorang spon yang hidup di sebuah kota bernama Bikini bottom.

Kali ini kita akan menguak siapa sih sebenarnya si Spongebob itu ?
Materi ini telah berikan pada saat kita masih duduk di sekolah menengah pertama (SMP) namun akan lebih diperdalam di Sekolah Menengah Atas (SMA) di semester dua.

Kali ini kita akan membahas tentang :
Pengertian PoriferaLapisan PoriferaStruktur tubuhSistem sirkulasi airKlasifikasi Porifera

Porifera (Latin, Phorus = pori-pori, ferre = pembawa) adalah hewan invertebrata yang mempunyai tubuh berpori-pori. Bentuk tubuh hewan ini tidak hanya kotak, tapi bermacam macam. Ada yang seperti piala, terompet, dan ada yang bercabang menyerupai tumbuhan. Struktur tubuhnya radial simetris. Porifera hidup di air laut dan air tawar.

Porifera memiliki tiga lapisan Epidermis (lapisan terluar)
Lapisan terluar dari porifera dan tersusun oleh sel sel epitelium pipih yang …

Phylum Mollusca

Mollusca berasal dari bahasa latin yaitu molluscus yang artinya lunak. Jadi Filum Mollusca adalah kelompok hewan invretebrata yang memiliki tubuh lunak. Tubuh lunaknya itu dilindungi oleh cangkang, meskipun ada juga yang tidak bercangkang. Mollusca yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah siput. Siput merupakan salah satu Mollusca yang teramsuk ke dalam kelas gastropoda. yaitu berjalan dengan menggunakan perutnya.




Pokok bahasan Pengertian MolluscaCiri-ciri MolluscaStruktur Tubuh MolluscaCara hidup MolluscaHabitat MolluscaReproduksi MolluscaKlasifikasi Mollusca

Ciri-ciri Mollusca: Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang.Habitatnya di ait maupun daratMerupakan hewan triploblastik selomata. Struktur tubuhnya simetri bilateral.Tubuh terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel.Memiliki sistem syaraf berupa cincin syarafOrgan ekskresi berupa nefridiaMemiliki radula (lidah bergigi)Hidup secara heterotrofReproduksi secara seksual
Ciri tubuh Mollusca Molusca terdiri da…