Langsung ke konten utama

Kuliah #shitMabaPosted

Kuliah, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti sekolah tinggi. maksudnya apa ? kuliah selain memerlukan pemikiran tingkat tinggi, kuliah juga membutuhkan dana yang tingkat tinggi juga (mahal). Pengajarnya pun menggunakan metode pembelajaran tingkat tinggi. Bahkan saking tingginya terkadang membuat kita ga nyampe buat menangkap apa yang diajarkan sang dosen. Dan yang paling mengenaskan adalah jajanan-jajanan di kampus pun harganya tingkat tinggi.

Perbedaan signifikan yang dapat dirasakan di bangku kuliah setelah melewati 12 tahun bangku sekolah adalah tidak teraturnya jadwal. Disini kita dituntut untuk melakukan menejemen waktu tingkat tinggi (tuh kan tingkat tinggi lagi). Kalo sekolah biasanya rutin masuk jam 7, di kuliah, masuk kelas itu ga tentu. Kadang-kadang masuk jam 8 pagi, jam 1 siang, bahkan ada yang masuk jam 4 sore. Emang sih.. kuliah terkesan santai. Tapi dibalik kesan santai itu ada berjuta tugas yang ga bakal berhenti menghujani. so, keep calm and ngerjain tugas #suram.

Perbedaan yang lainnya adalah temen sekelas kita bakal ganti-ganti setiap mata kuliah. Jaman sekolah kan temen kita fix tuh dari awal tahun ajaran sampe akhir. Beda sama kuliah! Sisi positifnya adalah kita jadi punya banyak temen. Dengan banyak temen menimbulkan chain effect secara langsung ataupun ga langsung  bagi kehidupan kita di kampus. contoh aja nih, dengan banyak temen intensitas traktiran ulang tahun makin besar hal ini mengiplikasi penurunan pengeluaran perbulannya. Penurunan pengeluaran dapat meningkatkan kesejahteraan sosial dan budaya (agak ga nyambung sih..).

Perbedaan selanjutnya adalah makin anehnya pengajar. Dosen itu paling jago nge-troll. Apalagi kalo bikin soal ujian. Dahsyat guys. Ketika bisa ngerjain, gue jamin lo bakal merasa seperti keturunan Einstein. Soal-soal tingkat tinggi yang membutuhkan daya khayal yang tingkat tinggi untuk menyelesaikannya. Ga jarang mahasiswa yang mimisan saat UTS atau UAS. So.. siapin tisu yang banyak!

Perbedaan yang paling berasa yaitu kebebasan. Di sekolah, kita di kekang untuk berbuat ini dan itu. Contoh kecilnya ga boleh rambut panjang (buat cowo). Di kampus, kita diberikan kebebasan untuk menentukan. Meskipun ga bebas-bebas banget tetep aja lebih bebas jika dibandingkan dengan sekolah. Kebebasan berfikir dan berpendapat sangat jelas terlihat di bangku Kuliah. Perdebatan karena perbedaan pendapat sepertinya menjadi hal yang lumrah. Untuk itulah kita dituntut untuk memiliki pedoman hidup agar tidak terombang ambing di dunia perkuliahan. Gue pribadi mentoring setiap pekan untuk menjaga diri agar tetap berada di jalur yang benar. #tsah

Sejauh ini sih gue 'masih' menikmati yang namanya kuliah. Mata kuliahnya keren-keren parah ga ada obat. Saran gue buat yang masih sekolah, khususnya SMA kelas 3, pikirin deh tuh jurusan apa yang emang diminati. Belajar sesuatu yang udah dari awal kita minati itu seru abis.

-salam Maba B)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minyak Bumi - Kimia 10 SMA

Hadoh .. liburan-liburan.... hhaha .. Kakak kelas lagi kesusahan, adek kelas senang senang. Walaupun libur tapi masih aja banyak tugas. salah satunya ini nih, Tugas kimia kelas 10 tentang minyak bumi. Karena gue mau pinter ya .. kerjain ajalah..

Disini kita akan membahas tentang
Proses pembentukan minyak bumi
Komposisi minyak bumi
Pengolahan minyak bumi
Skema Penyulingan
Hasil pengolahan
Dampak penggunaan minyak bumi



Proses pembentukan minyak bumi
Minyak bumi dan gas alam diduga berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu. Dugaan tersebut didasarkan pada kesamaan unsur-unsur yang terdapat dalam bahan tersebut dengan unsur-unsur yang terdapat pada makhluk hidup. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terp…

Phylum Porifera

Sobat pernah nonton Spongebob Squarepant ?
Yup, film kartun produksi Nikelodeon ini menceritakan tentang kehidupan seorang spon yang hidup di sebuah kota bernama Bikini bottom.

Kali ini kita akan menguak siapa sih sebenarnya si Spongebob itu ?
Materi ini telah berikan pada saat kita masih duduk di sekolah menengah pertama (SMP) namun akan lebih diperdalam di Sekolah Menengah Atas (SMA) di semester dua.

Kali ini kita akan membahas tentang :
Pengertian PoriferaLapisan PoriferaStruktur tubuhSistem sirkulasi airKlasifikasi Porifera

Porifera (Latin, Phorus = pori-pori, ferre = pembawa) adalah hewan invertebrata yang mempunyai tubuh berpori-pori. Bentuk tubuh hewan ini tidak hanya kotak, tapi bermacam macam. Ada yang seperti piala, terompet, dan ada yang bercabang menyerupai tumbuhan. Struktur tubuhnya radial simetris. Porifera hidup di air laut dan air tawar.

Porifera memiliki tiga lapisan Epidermis (lapisan terluar)
Lapisan terluar dari porifera dan tersusun oleh sel sel epitelium pipih yang …

Phylum Mollusca

Mollusca berasal dari bahasa latin yaitu molluscus yang artinya lunak. Jadi Filum Mollusca adalah kelompok hewan invretebrata yang memiliki tubuh lunak. Tubuh lunaknya itu dilindungi oleh cangkang, meskipun ada juga yang tidak bercangkang. Mollusca yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah siput. Siput merupakan salah satu Mollusca yang teramsuk ke dalam kelas gastropoda. yaitu berjalan dengan menggunakan perutnya.




Pokok bahasan Pengertian MolluscaCiri-ciri MolluscaStruktur Tubuh MolluscaCara hidup MolluscaHabitat MolluscaReproduksi MolluscaKlasifikasi Mollusca

Ciri-ciri Mollusca: Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang.Habitatnya di ait maupun daratMerupakan hewan triploblastik selomata. Struktur tubuhnya simetri bilateral.Tubuh terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel.Memiliki sistem syaraf berupa cincin syarafOrgan ekskresi berupa nefridiaMemiliki radula (lidah bergigi)Hidup secara heterotrofReproduksi secara seksual
Ciri tubuh Mollusca Molusca terdiri da…