Minggu, 04 Desember 2011

Soal UN Lebih Mudah daripada TO ?

Ujian Nasional, monster berwujud bundelan soal yang selalu membuat para pelajar ketakutan. Bukan cuma siswa yang merasakan ketakutan tersebut, Guru-guru pun merasakannya. Nama baik sekolah sangat tergantung dari tingkat kelulusan siswanya di event UN ini. Image sekolah di masyarakat berbanding lurus dengan persentase siswa yang lulus Ujian Nasional. Artinya semakin besar persentase kelulusan siswa di suatu sekolah, maka image sekolah tersebut di masyarakat semakin baik. Tak heran banyak sekolah-sekolah yang menempuh berbagai cara untuk membuat siswanya lulus 100%.
Di kalangan siswa timbul isu, katanya "soal UN lebih gampang dibanding soal TryOut". Benarkah ?
Kesan soal UN lebih mudah dari soal TryOut ini disebabkan oleh kesiapan kita saat Ujian Nasional jauh melebihi kesiapan kita saat TryOut. Saat menghadapi tryout, kita belum terbiasa dengan jenis-jenis soal yang disajikan. Coba bandingkan pada saat menghadapi UN. Jenis-jenis soal yang disajikan sudah sangat familiar. Ditambah lagi kita sudah ditempa dengan beberapa kali tryout. Dengan begitu soal Ujian Nasional terkesan lebih mudah dibanding soal try out.
Namun sebagian orang beranggapan lain. Mereka beranggapan bahwa soal UN memang lebih mudah dibanding soal TO. Hal ini bertujuan untuk melatih para siswa untuk mengerjakan soal-soal sulit pada saat TO agar pada saat mengerjakan soal UN yang tingkat kesulitannya lebih rendah dapat memperoleh hasil yang maksimal.
Hal ini (mungkin) masih menjadi perdebatan dalam pikiran siswa. Namun apapun yang terjadi, Ujian Nasional harus dihadapi dengan bijak. Belajar dan berdoa !

support blog ini dengan mengklik iklan diatas

0 comments:

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !