Langsung ke konten utama

Dampak Perubahan Iklim Di Mata Pelajar

perubahan iklim
Perubahan iklim, ya itulah yang sering kita dengar, kita lihat, dan kita baca di media-media informasi sekarang ini. Nampaknya perubahan iklim yang sedang melanda bumi kita ini bukan hal yang main-main atau bahasa internetnya HOAX. Dampak dari perubahan iklimpun sangat jelas kita rasakan, mulai dari musim yang tidak menentu, sampai kenaikan suhu di berbagai belahan bumi. Buka hanya pengamat iklim, atau orang tua saja. Kami pun para pelajar turut merasakan dampak dari perubahan iklim tersebut. Beberapa hari yang lalu saya sempat bertanya di 2 (dua) jejaring sosial ternama tentang "dampak perubahan iklim apa yang kalian rasakan ?". Mau lihat apa kata mereka ? yuk mari...


Facebook :

penjelasan:
Pandhu : "hey kawan seperjuangan. tanya dikit boleh dong. dampak perubahan iklim yang kalian rasain apaan sih ?"
Irinia : "kalimantan walau banyak pohonnya makin panas nih !!"

Bisa dibayangkan, kalimantan yang banyak hutannya saja makin panas. Apalagi di pulau Jawa yang hutannya sudah habis ditebang. Pasti bakalan super duper panas kan ?
Itu baru dari facebook.com. Sekarang kita ke twitter yooo !!

Twitter :

penjelasan
FadlyPradana Orang orang mulai pake baju seksi #salahgaul RT @dhupan: #nanyadong dampak perubahan iklim yg lo rasain apaan sih ?
Ini mengandung makna tersirat. Mungkin maksudnya "orang-orang mulai pakai baju terbuka karena merasakan gerahnya bumi saat ini. Jadi intinya, Bumi kita semakin panas.

Kalau sudah begini harus bagaimana ?
Sebagai pelajar, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah 'kemusnahan dini' bumi kita. Salah satunya adalah membentuk suatu organisasi yang berbasis lingkungan di sekolah kita. Disekolah saya sudah berdiri satu oraganisasi pelajar peduli lingkungan yang bernama "GREEN COMMYNITY". Komunitas hijau, begitulah bahasa lokalnya. Komunitas ini menampung siswa-siswi yang peduli akan lingkungan. Didalam komunitas tersebut kita ga cuma belajar menanam lho.. Kita juga bisa belajar mendaur ulang sampah-sampah anak sekolah untuk dijadikan sesuatu yang bernilai seni bahkan bernilai jual tinggi. Dikomunitas ini kita juga bisa belajar berwirausaha dengan bergabung bersama divisi kewirausahaan. Dan yang paling terpenting adalah kebersamaan kita, sikap gotong-royong dalam memulihkan serta memelihara lingkungan. Cara lain yang tidak kalah ampuh yaitu "One Student One tree" . Ini berlaku bukan hanya anggota komunitas, tetapi seluruh siswa di sekolah. Setiap siswa diajarkan tentang menanam pohon, dari tahap pembibitan hingga tahap pemindahan tanaman dari pot ke tanah. Manfaatnya ? waah banyak, kita hitung secara matematis saja. Jika di suatu sekolah memiliki jumlah kelas (1,2,3) 24 kelas dan siswa perkelas berjumlah 40, maka jumlah tanaman yang dihasilkan mencapai 960 pohon. Itu baru satu sekolah. Bukan hanya itu, kegiatan "one student one tree" itu dapat meningkatkan rasa kecintaan kita terhadap lingkungan Kebayang kan kalau semua sekolah bisa seperti ini ? tidak akan lagi ada yang mengeluh "hari ini panas banget ya !?". Pasti yang terdengar adalah celetukan "Waaah. adeeem ya.. ga sia-sia kita peduli sama lingkungan". Gimana ? tertarik membuat komunitas siperti "GREEN COMMUNITY" ??
green communitygreen community
Dan INGAT !! "Bumi membutuhkan kita seperti halnya kita membutuhkan bumi" so... Jagalah bumi kita agar anak cucu kita masih bisa melihat birunya langit, indahnya pelangi, dan teduhnya hutan.

Komentar

  1. siiippppppppppp.,.,

    with one little action means the chain reaction.,.,

    BalasHapus
  2. yoman. i think so. this is one of the best solution to make world to be better (english ngaco) :D

    BalasHapus
  3. Ya jelas saja, karena manusia sendirilah yg membuat semua itu terjadi

    BalasHapus

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !

Postingan populer dari blog ini

Minyak Bumi - Kimia 10 SMA

Hadoh .. liburan-liburan.... hhaha .. Kakak kelas lagi kesusahan, adek kelas senang senang. Walaupun libur tapi masih aja banyak tugas. salah satunya ini nih, Tugas kimia kelas 10 tentang minyak bumi. Karena gue mau pinter ya .. kerjain ajalah..

Disini kita akan membahas tentang
Proses pembentukan minyak bumi
Komposisi minyak bumi
Pengolahan minyak bumi
Skema Penyulingan
Hasil pengolahan
Dampak penggunaan minyak bumi



Proses pembentukan minyak bumi
Minyak bumi dan gas alam diduga berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu. Dugaan tersebut didasarkan pada kesamaan unsur-unsur yang terdapat dalam bahan tersebut dengan unsur-unsur yang terdapat pada makhluk hidup. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terp…

Phylum Mollusca

Mollusca berasal dari bahasa latin yaitu molluscus yang artinya lunak. Jadi Filum Mollusca adalah kelompok hewan invretebrata yang memiliki tubuh lunak. Tubuh lunaknya itu dilindungi oleh cangkang, meskipun ada juga yang tidak bercangkang. Mollusca yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah siput. Siput merupakan salah satu Mollusca yang teramsuk ke dalam kelas gastropoda. yaitu berjalan dengan menggunakan perutnya.




Pokok bahasan Pengertian MolluscaCiri-ciri MolluscaStruktur Tubuh MolluscaCara hidup MolluscaHabitat MolluscaReproduksi MolluscaKlasifikasi Mollusca

Ciri-ciri Mollusca: Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang.Habitatnya di ait maupun daratMerupakan hewan triploblastik selomata. Struktur tubuhnya simetri bilateral.Tubuh terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel.Memiliki sistem syaraf berupa cincin syarafOrgan ekskresi berupa nefridiaMemiliki radula (lidah bergigi)Hidup secara heterotrofReproduksi secara seksual
Ciri tubuh Mollusca Molusca terdiri da…

Phylum Porifera

Sobat pernah nonton Spongebob Squarepant ?
Yup, film kartun produksi Nikelodeon ini menceritakan tentang kehidupan seorang spon yang hidup di sebuah kota bernama Bikini bottom.

Kali ini kita akan menguak siapa sih sebenarnya si Spongebob itu ?
Materi ini telah berikan pada saat kita masih duduk di sekolah menengah pertama (SMP) namun akan lebih diperdalam di Sekolah Menengah Atas (SMA) di semester dua.

Kali ini kita akan membahas tentang :
Pengertian PoriferaLapisan PoriferaStruktur tubuhSistem sirkulasi airKlasifikasi Porifera

Porifera (Latin, Phorus = pori-pori, ferre = pembawa) adalah hewan invertebrata yang mempunyai tubuh berpori-pori. Bentuk tubuh hewan ini tidak hanya kotak, tapi bermacam macam. Ada yang seperti piala, terompet, dan ada yang bercabang menyerupai tumbuhan. Struktur tubuhnya radial simetris. Porifera hidup di air laut dan air tawar.

Porifera memiliki tiga lapisan Epidermis (lapisan terluar)
Lapisan terluar dari porifera dan tersusun oleh sel sel epitelium pipih yang …