Langsung ke konten utama

Cerpenku Akhirnya Selesai

Cerpen pertama gue yang bisa di bilang "anta". haha..
Gue bikin cerpen ini karena di suruh guru (lagi lagi disuruh guru). Karena bingung nentuin tema, ya jadilah cerpen kaya gini

CERPENKU AKHIRNYA SELESAI

Pagi itu langit tampak cerah disertai tiupan angit sejuk seakan memberikan ku semangat untuk pergi ke sekolah. Seperti biasanya aku berangkat dari rumah pukul 5.45. Tak seperti biasanya, lalulintas pagi ini padat merayap. Entah apa yang terjadi, apaun itu tak dapat menghalangi tekadku untuk ke sekolah. Sesampai di kelas, aku melihat sekitar. Pemandaangan yang tidak mengenakkan terpampang di depan mataku. Sampah-sampah yang berserakan seakan menyapa diriku yang masih berdiri kaku di pintu kelas.

“Eh ini kelas kotor banget sih ? bukannya sekarang lu yang piket ya ?”, tanyaku kepada ketiga orang temanku yang sedari tadi sibuk bermain dengan ponselnya.

“Hehe …”, salah seorang dari mereka hanya cengegesan berlaga tidak tahu dan yang lainnya tetap sibuk dengan ponselnya.

“Ah dasar lu .. eh, ada PR ga ?? tau ulangan gitu ??”, Tanya ku ke salah satu temanku.

“Setau gue ga ada PR. Tapi kata anak-anak ntar ulangan Bahasa Indonesia”, jawabnya.

“Engga belajar lu ?”, tanyaku heran.

“Tenang aja. Bocorannya kuat kok. Haha”, dia menjawab santai di sertai tawa licik khas dirinya.

Tidak dapat dipungkiri lagi. ‘Bocoran’ soal ulangan di kalangan siswa sangat mudah didapati. Karena tidak mau terjebak di lingkaran setan, akupun mengeluarkan buku paket Bahasa Indonesia dan berniat membaca siapa tahu ada yang nyangkut di kepalaku ini. Lembar demi lembar aku baca. Konsentrasiku terganggu suasana tidak nyaman kelas. Belum lagi suara berisik yang masuk ke dalam telingaku ini.

“Teeeeeet teeeeeeet”, bel tanda masuk pun berbunyi.

Rasa panik dan cemas menyelimuti kelas ku. Langitpun seakan berubah menjadi gelap. Bel itu bagaikan sangkakala yang akan ditiup di hari akhir nanti. Saat itu, orang-orang hanya memikirkan dirinya sendiri. Ada yang masih membaca buku, ada yang pasrah, ada pula yang sibuk mencatat jawaban alias contekan. Ibu Susan, Guru Bahasa Indonesia keluar dari singasananya. Kamipun semakin panik. Perlahan tapi pasti, Ibu Susan melangkah menuju kelas kami. Suara langkah kakinya menggema di lorong-lorong kelas. “plak… plak.. plakk..”, semakin dekat…

“Tok tok tok”, suara seseorang mengetuk pintu kelas kami.

Pintu pun di buka. Dan akhirnya Ibu Susan tiba di kelas kami.

“Hari ini kita tidak jadi ulangan, waktunya tidak sempat. Ibu sangant sibuk mengolah nilai, sehingga tidak sempat membuat soal”, kalimat pertama yang keluar dari Ibu Susan kala itu.

“Horeeee…..!”, sorak anak kelasku kegirangan.

Langit seakan berubah menjadi cerah, burung-burungpun mulai berani berkicau kembali. Suasana kelas kembali berwarna. Kebahagiaan terpancar dari wajah teman-teman.

“Tapi, sebagai gantinya kalian Ibu kasih tugas membuat cerpen !”, ucap Ibu Susan memotong sorak sorai kegembiraan kami.

“Cerpen itu dikumpulkan paling lambat hari senin minggu depan.”

Huh.. Bagiku membuat cerpen bukanlah hal yang mudah. Butuh perjuangan ekstra untuk menciptakan sebuah bacaan yang tersusun dari kalimat-kalimat indah. Tugas ini cukup membuatku frustasi memikirkan rangkaian kata yang akan ku bentuk nanti. Memikirkan judulnya saja membutuhkan waktu satu malam. Sempat terbesit niat licik untuk menyalin hasil karya orang lain. Sepertinya Peri Baik dan Peri Jahat sedang bertarung argument di atas kepalaku.

“Sudahlah.. salin saja cerpen karya orang lain. Buat apa capek-capek bikin cerpen ?”, Peri Jahat memberikan sugestinya kepadaku.

“Jaangaaan… Lebih baik kamu bikin cerpen sendiri aja. Dengan begitu kamu akan mendapatkan satu pelajaran yang tak kan terlupakan di masa SMA. Bayangkan saja jika kamu menyalin cerpen orang lain, untuk apa kamu sekolah ?? Apa kamu tidak kasihan kepada ayahmu yang tidak kenal lelah membanting tulang demi pendidikan kamu ?? Lagipula kalau kamu bikin cerpen sediri, kamu akan merasa lebih bangga kan dengan hasil karya kamu .. So, tunggu apa lagi ?? ayo buat cerpen kamu !” Peri baik memberikan sedikit motivasi kepada diriku yang malas ini.

Perdebatan sang Peri baik dan Peri jahat berlangsung sekitar enam hari enam malam. Pertempuran itu sampai terbawa ke dalam mimpi. Pertempuran sangat sengit. Peri baik mengeluarkan jurus rahasiannya untuk mengalahkan sang Peri jahat. Akhirnya peri jahat pun berhasil dikalahkan.

Tanpa pikir panjang, aku nyalakan komputer lalu bersiap membuat cerpen yang sederhana dan singkat ini. Kata demi kata aku susun sehingga menjadi kalimat. Kemudian kalimat itu aku rangkai sehingga menjadi paragraf. Dan pada akhirnya kumpulan paragraf itu aku bentuk sehingga menjadi sebuah cerpen yang berjudul CERPENKU AKHIRNYA SELESAI.

Komentar

  1. Waduh itu cerpen buat tugas Sob....??? keren2.......jadi pengen balik SMA lagi gw haha....happy blogging Sob!!!

    BalasHapus
  2. iya nih .. haha .. dadakan pula bikinnya .. -.-

    BalasHapus
  3. terimakasih. :D
    tugas sekolah ini. agak 'sedikit' lebay sih. tapi ya begitulah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !

Postingan populer dari blog ini

Minyak Bumi - Kimia 10 SMA

Hadoh .. liburan-liburan.... hhaha .. Kakak kelas lagi kesusahan, adek kelas senang senang. Walaupun libur tapi masih aja banyak tugas. salah satunya ini nih, Tugas kimia kelas 10 tentang minyak bumi. Karena gue mau pinter ya .. kerjain ajalah..

Disini kita akan membahas tentang
Proses pembentukan minyak bumi
Komposisi minyak bumi
Pengolahan minyak bumi
Skema Penyulingan
Hasil pengolahan
Dampak penggunaan minyak bumi



Proses pembentukan minyak bumi
Minyak bumi dan gas alam diduga berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu. Dugaan tersebut didasarkan pada kesamaan unsur-unsur yang terdapat dalam bahan tersebut dengan unsur-unsur yang terdapat pada makhluk hidup. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terp…

Phylum Mollusca

Mollusca berasal dari bahasa latin yaitu molluscus yang artinya lunak. Jadi Filum Mollusca adalah kelompok hewan invretebrata yang memiliki tubuh lunak. Tubuh lunaknya itu dilindungi oleh cangkang, meskipun ada juga yang tidak bercangkang. Mollusca yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah siput. Siput merupakan salah satu Mollusca yang teramsuk ke dalam kelas gastropoda. yaitu berjalan dengan menggunakan perutnya.




Pokok bahasan Pengertian MolluscaCiri-ciri MolluscaStruktur Tubuh MolluscaCara hidup MolluscaHabitat MolluscaReproduksi MolluscaKlasifikasi Mollusca

Ciri-ciri Mollusca: Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang.Habitatnya di ait maupun daratMerupakan hewan triploblastik selomata. Struktur tubuhnya simetri bilateral.Tubuh terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel.Memiliki sistem syaraf berupa cincin syarafOrgan ekskresi berupa nefridiaMemiliki radula (lidah bergigi)Hidup secara heterotrofReproduksi secara seksual
Ciri tubuh Mollusca Molusca terdiri da…

Trigonometri Dasar

Trigonometri berasal dari bahasa Yunani trigonon = tiga sudut dan metro = mengukur. Jadi Trigonometri adalah cabang ilmu matematika yang berhadapan dengan sudut segitiga dan trigonomertik seperti sinus, cosinus, dan tangen.

Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sinus, cosinus, dan tangen yang biasa disebut sin, cos, tan



Dari gambar diatas kita dapat beberapa persamaan dari sudut alpha

SINUS ALPHA


COSINUS ALPHA


TANGEN ALPHA


Dari Persamaan diatas dapat disimpulkan bahwa :
sinus = DE-MI



cosinus = SA-MI



tangen = DE-SA


Yang dimaksud Depan, Miring, Samping adalah sisi-sisi segitiga berdasarkan letak sudut.
Dapat dilihat dari gambar segitiga diatas sin alpha adalah sisi di depan sudut alpha dibagi sisi miring segitiga.

Dalam Trigonometri ada sudut sudut istimewa yaitu sudut (derajat) 0, 30, 45, 60, 90
Tabel sin, cos, dan tan sudut istimewa


Data tabel diatas diambil/didapat dari segitiga dibawah ini :


Ayo kita buktikan
Kita akan membuktikan sinus 3o

JADI

Terbukti kan ?
Sekarang silahkan …