Kamis, 08 April 2010

Teka-Teki Bola

Hey kawan.. gue punya teka-teki nih lumayan lah buat manas-manasin otak. Teka teki ini diambil dari Soal Seleksi Olimpiade Komputer Tingkat Kota/kabupaten pada tahun 2008.
Begini soalnya.

Delapan buah bola masing-masing bertuliskan angka yang berlainan satu dengan yang lainnya mulai dari a, a+1, a+2, a+3,.. dst hingga a+7. Bola ditempatkan secara acak ke dalam 8 kotak yang masing-masing ditandai dengan huruf S, T, U, V, W, X, Y, dan Z. Setelah ditempatkan diketahui bahwa :
  1. W berisi bola dengan angka bernilai 4 lebih besar dari pada angka bola dalam Z dan bernilai 3 lebih kecil dengan angka bola dalam X
  2. Sedangkan S berisi bola dengan angka bernilai lebih besar dari pada angka bola di dalam T, dan lebih kecil daripada angka bola di dalam X
  3. U berisi bola dengan angka yang merupakan nilai rata-rata dari angka bola dalam V dan X

Pertanyaannya
  1. Jika nilai terendah dari angka-angka tersebut adalah 8 (a=8), berapakah angka bola dalam W ?
  2. Jika V lebih kecil dari W, dan T lebih besar daripada Y, tentukan urutan yang benar dari kecil ke besar !!

Nah .. silahkan sobat pikirkan .. lumayan
Jika sudah menemukan jawabannya, jawab dengan cara posting komentar .. hhehe
mungkin itu aja deh ,
Semoga bermanfaat..

support blog ini dengan mengklik iklan diatas

31 comments:

Anonim mengatakan...

Wess bang pandhu punya blog diem diem..
ga d ksihtau ke anak anak kelas nih..

9 April 2010 10.11
Manusia logika mengatakan...

ucup. Soal yg ini mah soal encil, msh standar. Kalo mw, gw bisa kasih yg beneran manas-manasin kepala, mw?
Jawaban:
1. 13
2. X, U, S, T, W, V, Y, Z

30 Mei 2010 14.18
Manusia logika mengatakan...

ntar gw balik lagi, segera balas dengan cara balas komen lagi di halaman ini.

30 Mei 2010 14.19
Pandhu mengatakan...

boleh tuh bang .. lumayan lah buat belajar gila ..

30 Mei 2010 17.02
Manusia logika mengatakan...

e, gw cewe. Masa manggil abang? hahaha

Ada 5 buah rumah yang masing-masing memiliki warna berbeda. Setiap rumah dihuni satu orang pria dengan kebangsaan yang berbeda-beda. Setiap penghuni menyukai satu jenis minuman terntentu, merokok satu merk rokok tertentu dan memelihara satu jenis hewan tertentu.
Tidak ada satupun dari kelima orang tersebut yang minum minuman yang sama,merokok merk rokok yang sama dan memelihara hewan yang sama seperti penghuni yang lain.

Pertanyaannya : Siapakah yang memelihara IKAN?

Petunjuk:
• Orang Inggris tinggal di dalam rumah berwarna merah.
• Orang Swedia memelihara anjing.
• Orang Denmark senang minum teh.
• Rumah berwarna hijau terletak tepat di sebelah kiri rumah berwarna putih.
• Penghuni rumah berwarna hijau senang minum kopi.
• Orang yang merokok PallMall memelihara burung.
• Penghuni rumah yang terletak di tengah-tengah senang minum susu.
• Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill.
• Orang Norwegia tinggal di rumah paling pertama.
• Orang yang merokok Marlboro tinggal di sebelah orang yang memelihara kucing.
• Orang yang memelihara kuda tinggal di sebelah orang yang merokok Dunhill.
• Orang yang merokok Winfield senang minum bir.
• Di sebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia.
• Orang Jerman merokok Rothmans.
• Orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air.

Albert Einstein menyusun teka teki ini pada abad yang lalu.
Dia menyatakan, 98% penduduk didunia tidak mampu memecahkan teka teki ini.
Apakah anda termasuk yang 2% ?

30 Mei 2010 21.47
Pandhu mengatakan...

hhehe ..
waah .. pertanyaan kaya gini udah sering nemuin tapi ga bisa mecahinnya .. -.-'

31 Mei 2010 15.25
Manusia logika mengatakan...

pecahin la.. Mudah kok, sebanding dengan mecahin vas bunga, hahahaha

emang kamu ikut olimpiade komputer?

31 Mei 2010 20.58
Pandhu mengatakan...

waktu itu ikut penyisihan tapi belum menang .. hhe

31 Mei 2010 21.24
Manusia logika mengatakan...

waww...trus tahun ini ikut jg?

3 Juni 2010 21.14
Pandhu mengatakan...

ikut lagi kayanya .. huah.. harus banyak latihan nih .

3 Juni 2010 22.17
Manusia logika mengatakan...

d skolahmu ada bimbingan ga?

4 Juni 2010 13.15
Pandhu mengatakan...

ada ./.. jadi bimbingannya kaya semacam ekskul gitu deh .. dan itu baru diadakan di tahun ajaran baru ..

4 Juni 2010 13.34
Manusia logika mengatakan...

ow...sama dong. Belajar pemograman jg?

4 Juni 2010 20.44
Pandhu mengatakan...

iya .. belajar pascal ..

5 Juni 2010 08.08
Manusia logika mengatakan...

sama, haha

tapi aku ga terlalu suka baca source code, cm suka soal logika. Jadi pas penyisihan, ak gagal karna ngisinya banyak ke soal logika. kan 50:50 tu perbandingan antar logika dan source code.

Tahun ajaran depan ak ga tw mw ikut atw ga, soalny malu ga masuk th ini, wkwkwkwk

6 Juni 2010 12.46
Pandhu mengatakan...

kemaren dapet poin berapa ???

6 Juni 2010 18.20
Manusia logika mengatakan...

hmm...lupa. tapi pas yg seleksi logika aja, dpt 70-an lebih (pdhl byk bolong lho, hehe)
kamu?

6 Juni 2010 19.47
Pandhu mengatakan...

cuma 56 . hahai .. parah ya .. ??

7 Juni 2010 12.20
Manusia logika mengatakan...

it hasil seleksi dlm skolah(bwt seleksi wakil dri sekolah)?

7 Juni 2010 21.56
Pandhu mengatakan...

oh ,, kalo disekolahku ga ada seleksi .. jadi maen cabut aja .. itupun seminggu sebelum sleksi tingkat kota .. *parah

8 Juni 2010 14.10
Manusia logika mengatakan...

ha? main cabut?? ga lihat kemampuan dlu gtu?

8 Juni 2010 14.17
Pandhu mengatakan...

diliat dari nilai matematikanya ..

8 Juni 2010 15.08
Manusia logika mengatakan...

wew...ga tergantung kali sm matematika. Byk kok dari kami yang lolos seleksi, matematikany kurang. Ak jg termasuk malas sih sm mtk. Sk kejar2an kalo ud ulangan, hahahaha

ud pernah blum dri skolah kalian yg jd juara?

10 Juni 2010 19.48
Pandhu mengatakan...

lah ?? itu kan test logika .. matematika juga pengaruh kalo udah masuk masalah program yang looping atau apalah ..

kalo yang komputer belom ada .. tapi pernah ada yang juara 2 di bidang ekonomi .

10 Juni 2010 21.16
Manusia logika mengatakan...

tapi kan logika mtk dan komputer beda :D
Iy sih ngaruh, tp cm ngaruh dikit. Ga percaya? cb diperiksa sndiri.

o0o..kamu skolah d mna emang?

10 Juni 2010 23.59
Pandhu mengatakan...

ada kok .. waktu sleksi keluar soal logika matematika .. logika matematika nyambungnya ke tipe data boolean yang true false itu loh ..

aku sekolah di sman 3 depok .. kamu ?

11 Juni 2010 15.42
Manusia logika mengatakan...

iy, tp cm dikit. It pun mtk umum.

Ak SMA Santu Petrus, Pontianak, hehe

11 Juni 2010 23.51
Pandhu mengatakan...

iya juga sih .. haha ...
ohh petrus pontianak toh .

12 Juni 2010 15.01
Manusia logika mengatakan...

iya :D

16 Juni 2010 21.23
Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum....
numpang coment ya....
loo...kok mlah asikan ngobrol siih...teka-teki nya gg dijawab, hehe

tpi saya coba jwab ya teka-teki nya "mns-logika"
jwbn versi sya: yng mlhara ikan --> Orang Jerman yang merokok Rothmas n minum kopi....

tul gag?? hehe

2 Agustus 2010 10.41
Pandhu mengatakan...

tau nih.. haha .. gapapalah sharing sedikit tentang osn ..

6 Agustus 2010 20.01

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !