Kamis, 04 Maret 2010

Tips Kenali dan Stop Sakit Mata Merah

Oke .. berkaitan dengan postingan tentang sakit mata yang lalu, saya mencoba nengorek informasi dari Internet melalui perantara Google.

Jadi sakit meta merah (pink eye) itu disebabkan oleh virus atau bakteri yang menginfeksi mata kita. Tidak hanya itu, sakit mata merah juga disebabkan oleh zat-zat beracun atau alergi pada benda tertentu.
Pink eye menular dengan sangat cepat melalui media tular seperti tangan, benda bahkan udara.

Gejala pink eye antara lain :
  1. Mata memerah
    Mata merah atau hyperemia, merupakan gejala umum pinkeye. Pinkeye biasanya tidak serius dan tidak akan menyebabkan kerusakan mata dalam jangka waktu yang lama jika cepat dideteksi dan cepat ditangani.

  2. Kelopak mata memerah dan membengkak
    Gejala pinkeye yang disebabkan oleh virus biasanya mempengaruhi kedua mata. Pinkeye yang disebabkan oleh virus biasanya berawal pada satu mata dan menulari mata yang satunya dalam beberapa hari ke depan. Pembengkakan pada kelopak mata paling sering diakibatkan pinkeye karena bakteri dan alergi.

  3. Banyak air mata
    Pinkeye yang disebabkan virus dan alergi menyebabkan produksi air mata lebih banyak daripada biasanya. Gejala: mata gatal dan panas Jika Anda merasa ada rasa gatal yangmenyelimuti mata dan matanya rasanya terbakar, ini merupakan salah satu gejala umum pinkeye.

  4. Cairan pada mata
    Cairan bening pada mata biasanya disebabkan oleh virus dan alergi. Kalau warna cairan menjadi lebih berwarna hijau kekuningan (dan ada dalam jumlah banyak), ini merupakan pertanda pinkeye yang disebabkan oleh bakteri.

  5. Kelopak mata berkerak
    Jika Anda terbangun dan susah membuka mata ini bisa disebabkan oleh kerak yang terakumulasi selama tidur karena pinkeye yang disebabkan oleh bakteri. Pinkeye yang disebakan oleh virus jarang ditandai dengan adanya kerak pada kelopak mata

  6. Merasakan ada seseuatu yang mengganggu di mata
    Anda mungkin merasakan ada sesuatu yang mengganggu di mata seolah-olah ada sesuatu yang mengganjal di mata. Atau, anak Anda mungkin mendeskripsikannya dengan persaan seperti ada pasir di mata. Iritasi atau perasaan ada pasir di mata bisa mengindikasikan pinkeye akibat bakteri.


Pinkeye yang disebabkan oleh bakteri ditangani dengan tetes antibiotik, salep, atau pil untuk mengatasi infeksi. Sedangkan pinkeye yang disebabkan oleh virus tidak bisa ditangani, Anda hanya bisa membiarkan virus berlalu, dan biasanya memerlukan waktu 4-7 hari. Pinkeye yang disebabkan oleh alergi akan membaik ketika penyebab alergi diangkat dan alerginya diobati. Pinkeye yang disebabkan oleh zat kimia harus dibersihkan dari mata dan langsung ke dokter.
Penyembuhan

Untuk mengurangi rasa sakit dan mengangkat kerak akibat virus dan bakteri, kompreslah mata dengan kain yang telah direndam dalam air dingin atau air hangat. Pastikan menggunakan kain yang berbeda untuk kedua mata untuk mencegah terjadinya penyebaran infeksi. Selain itu, harus selalu menggunakan kain yang bersih. Bersihkan mata dari cairan dengan menghapus dari bagian dalam ke bagian luar dari masing-masing mata. Untuk pinkeye yang disebabkan oleh alergi, antihistamine bisa digunakan untuk mengatasi gejala.


Pencegahan Penularan

Jika Anda atau anak Anda mengalami infeksi pinkeye, hindari menyetuh bagian mata, dan sering-seringlah cuci tangan, khususnya setelah mengobati area yang sakit. Jangan pernah berbagi handuk atau sapu tangan, dan buanglah tisu yang telah digunakan jauh-jauh. Bersihkan setiap permukaan termasuk tempat mandi atau pegangan pintu. Jauhkan dan jangan menggunakan makeup saat terinfeksi.

source : mediaindonesia.com

support blog ini dengan mengklik iklan diatas

5 comments:

Anonim mengatakan...

bernas!! dan sangat informatif, helpful untuk orang tua yang kebetulan menemui kasus pada anaknya. terima kasih pandhu

12 Juni 2010 21.49
Anonim mengatakan...

bagus sangat berguna...sebab saya sakit mata sekarang....
emm nak tanya,cara merawatnya..?

7 Agustus 2010 11.28
Pandhu mengatakan...

kalo waktu itu, saya cuma di kasih obat antibiotik, peredam rasa sakit, dan obat tetes mata.
jika tidak ingin tertular, basuh mata dengan air daun sirih, telah diuji keluarga saya dan berhasil :)

12 Agustus 2010 07.30
Anonim mengatakan...

saya mahasiswi kelahiran 93, saya sedang sakit mata kira kira dari 4hari yang lalu. Saya rajin netesin obat mata tapi tetap saja ga reda reda sakit matanya, udah gitu sakit matanya disertai migrain dan demam, aduh bahaya ga ya kalo begitu?

7 Desember 2011 18.17
Pandhu mengatakan...

waktu itu saya kena penyakit ini cuma 5 hari. mungkin lebih baik diperiksakan ke dokter aja kk :D

7 Desember 2011 21.49

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !