Jumat, 26 Februari 2010

Optimalisasi Kinerja Otak

optimalisasi kinerja otakOtak adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Kenapa ? Karena dengan otaklah kita berfikir, dengan otak kita bisa mengingat sesuatu, dan dengan otak kita bisa menentukan yang benar dan yang salah. Jadi seseorang yang tidak bisa menentukan hal yang benar dan salah, kemungkinan besar ada suatu kelainan pada otaknya. hha

Layaknya pedang yang perlu di asah agar tetap tajam, otak (brain) juga perlu di asah/dilatih agar kemampuannya tidak menurun. Tidak hanya menegah penurunan kinerja otak, asah otak juga dapat meningkatkan kinerja otak. Seperti, peningkatan daya ingat jangka pendek/panjang, kepekaan alat indra, dan lain-lain.

Untuk meningktakan kinerja otak tidaklah sulit. Tidak perlu ke dokter/rumah sakit untuk membuat kerja otak menjadi maksimal. Hal-hal kecil yang ada di sekitar kita juga bisa dijadi kan objek latihan optimalisasi kinerja otak.

Dibawah ini ada sepuluh cara meningkatkan kinerja otak :
  1. Latih kemampuan mengamati. Perhatikan lingkungan sekitar. Rekam dalam pikiran apa yang Sobat lihat, mulai dari yang paling sederhana dan diteruskan dengan observasi yang lebih rumit.

  2. Asah indra. Bisa dilatih dengan membedakan rasa makanan yang disukai dan yang tidak. Menyadari bau dan aroma di sekitar atau bunyi-bunyian yang ada di jalan atau mungkin rasa panas atau dingin udara di sekitar Anda.

  3. Hafalkan nama teman-teman dan pasangkan nomor teleponnya. Ada berapa yang bisa diingat? Latih supaya bisa mengingat lebih banyak.

  4. Pelajari sesuatu yang baru. Banyak membaca dan berkenalan dengan hal-hal lain yang mungkin bukan bidang sobat, bisa bahasa asing, pengetahuan tentang komputer, dan lain-lain.

  5. Gunakan tangan supaya mengikuti petunjuk otak. Misalnya bermain gitar, mengetik tanpa melihat tuts, mengerjakan prakarya dari kayu, atau berlatih menulis halus.

  6. Tekuni hobi. Gunakan kesempatan untuk mengembangkan hobi Anda.

  7. Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting, menyangkut anggota keluarga, teman, atau perayaan tertentu.

  8. Hafalkan sesuatu yang sobat sukai. Bisa jadi itu puisi, lagu, kalimat dari sebuah buku atau kata-kata seseorang. Sebisa mungkin juga usahakan agar kalimat yang digunakan adalah bahasa asing.

  9. Latihan menghafal urutan angka berderet panjang, misalnya 32145687390282930498. Ini adalah bentuk latihan memperbaiki daya ingat jangka pendek. Lakukan dengan mengelompokkan atau memecah bilangan itu menjadi beberapa bagian, misalnya 3214568 kemudian 7390282 dan terakhir 930498.

  10. Ingat perjalanan pribadi. Apa yang sedang Anda kerjakan satu jam lalu, minggu lalu pada hari Rabu pukul 10.00, misalnya. Dengan siapa, di mana, dan seterusnya.

Lakukan sepuluh kegiatan diatas secara rutin.

sumber : kompas.com

support blog ini dengan mengklik iklan diatas

0 comments:

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !