Langsung ke konten utama

Optimalisasi Kinerja Otak

optimalisasi kinerja otakOtak adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Kenapa ? Karena dengan otaklah kita berfikir, dengan otak kita bisa mengingat sesuatu, dan dengan otak kita bisa menentukan yang benar dan yang salah. Jadi seseorang yang tidak bisa menentukan hal yang benar dan salah, kemungkinan besar ada suatu kelainan pada otaknya. hha

Layaknya pedang yang perlu di asah agar tetap tajam, otak (brain) juga perlu di asah/dilatih agar kemampuannya tidak menurun. Tidak hanya menegah penurunan kinerja otak, asah otak juga dapat meningkatkan kinerja otak. Seperti, peningkatan daya ingat jangka pendek/panjang, kepekaan alat indra, dan lain-lain.

Untuk meningktakan kinerja otak tidaklah sulit. Tidak perlu ke dokter/rumah sakit untuk membuat kerja otak menjadi maksimal. Hal-hal kecil yang ada di sekitar kita juga bisa dijadi kan objek latihan optimalisasi kinerja otak.

Dibawah ini ada sepuluh cara meningkatkan kinerja otak :
  1. Latih kemampuan mengamati. Perhatikan lingkungan sekitar. Rekam dalam pikiran apa yang Sobat lihat, mulai dari yang paling sederhana dan diteruskan dengan observasi yang lebih rumit.

  2. Asah indra. Bisa dilatih dengan membedakan rasa makanan yang disukai dan yang tidak. Menyadari bau dan aroma di sekitar atau bunyi-bunyian yang ada di jalan atau mungkin rasa panas atau dingin udara di sekitar Anda.

  3. Hafalkan nama teman-teman dan pasangkan nomor teleponnya. Ada berapa yang bisa diingat? Latih supaya bisa mengingat lebih banyak.

  4. Pelajari sesuatu yang baru. Banyak membaca dan berkenalan dengan hal-hal lain yang mungkin bukan bidang sobat, bisa bahasa asing, pengetahuan tentang komputer, dan lain-lain.

  5. Gunakan tangan supaya mengikuti petunjuk otak. Misalnya bermain gitar, mengetik tanpa melihat tuts, mengerjakan prakarya dari kayu, atau berlatih menulis halus.

  6. Tekuni hobi. Gunakan kesempatan untuk mengembangkan hobi Anda.

  7. Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting, menyangkut anggota keluarga, teman, atau perayaan tertentu.

  8. Hafalkan sesuatu yang sobat sukai. Bisa jadi itu puisi, lagu, kalimat dari sebuah buku atau kata-kata seseorang. Sebisa mungkin juga usahakan agar kalimat yang digunakan adalah bahasa asing.

  9. Latihan menghafal urutan angka berderet panjang, misalnya 32145687390282930498. Ini adalah bentuk latihan memperbaiki daya ingat jangka pendek. Lakukan dengan mengelompokkan atau memecah bilangan itu menjadi beberapa bagian, misalnya 3214568 kemudian 7390282 dan terakhir 930498.

  10. Ingat perjalanan pribadi. Apa yang sedang Anda kerjakan satu jam lalu, minggu lalu pada hari Rabu pukul 10.00, misalnya. Dengan siapa, di mana, dan seterusnya.

Lakukan sepuluh kegiatan diatas secara rutin.

sumber : kompas.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minyak Bumi - Kimia 10 SMA

Hadoh .. liburan-liburan.... hhaha .. Kakak kelas lagi kesusahan, adek kelas senang senang. Walaupun libur tapi masih aja banyak tugas. salah satunya ini nih, Tugas kimia kelas 10 tentang minyak bumi. Karena gue mau pinter ya .. kerjain ajalah..

Disini kita akan membahas tentang
Proses pembentukan minyak bumi
Komposisi minyak bumi
Pengolahan minyak bumi
Skema Penyulingan
Hasil pengolahan
Dampak penggunaan minyak bumi



Proses pembentukan minyak bumi
Minyak bumi dan gas alam diduga berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu. Dugaan tersebut didasarkan pada kesamaan unsur-unsur yang terdapat dalam bahan tersebut dengan unsur-unsur yang terdapat pada makhluk hidup. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terp…

Phylum Mollusca

Mollusca berasal dari bahasa latin yaitu molluscus yang artinya lunak. Jadi Filum Mollusca adalah kelompok hewan invretebrata yang memiliki tubuh lunak. Tubuh lunaknya itu dilindungi oleh cangkang, meskipun ada juga yang tidak bercangkang. Mollusca yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah siput. Siput merupakan salah satu Mollusca yang teramsuk ke dalam kelas gastropoda. yaitu berjalan dengan menggunakan perutnya.




Pokok bahasan Pengertian MolluscaCiri-ciri MolluscaStruktur Tubuh MolluscaCara hidup MolluscaHabitat MolluscaReproduksi MolluscaKlasifikasi Mollusca

Ciri-ciri Mollusca: Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang.Habitatnya di ait maupun daratMerupakan hewan triploblastik selomata. Struktur tubuhnya simetri bilateral.Tubuh terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel.Memiliki sistem syaraf berupa cincin syarafOrgan ekskresi berupa nefridiaMemiliki radula (lidah bergigi)Hidup secara heterotrofReproduksi secara seksual
Ciri tubuh Mollusca Molusca terdiri da…

Phylum Porifera

Sobat pernah nonton Spongebob Squarepant ?
Yup, film kartun produksi Nikelodeon ini menceritakan tentang kehidupan seorang spon yang hidup di sebuah kota bernama Bikini bottom.

Kali ini kita akan menguak siapa sih sebenarnya si Spongebob itu ?
Materi ini telah berikan pada saat kita masih duduk di sekolah menengah pertama (SMP) namun akan lebih diperdalam di Sekolah Menengah Atas (SMA) di semester dua.

Kali ini kita akan membahas tentang :
Pengertian PoriferaLapisan PoriferaStruktur tubuhSistem sirkulasi airKlasifikasi Porifera

Porifera (Latin, Phorus = pori-pori, ferre = pembawa) adalah hewan invertebrata yang mempunyai tubuh berpori-pori. Bentuk tubuh hewan ini tidak hanya kotak, tapi bermacam macam. Ada yang seperti piala, terompet, dan ada yang bercabang menyerupai tumbuhan. Struktur tubuhnya radial simetris. Porifera hidup di air laut dan air tawar.

Porifera memiliki tiga lapisan Epidermis (lapisan terluar)
Lapisan terluar dari porifera dan tersusun oleh sel sel epitelium pipih yang …