Kuliah #shitMabaPosted

Kuliah, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti sekolah tinggi. maksudnya apa ? kuliah selain memerlukan pemikiran tingkat tinggi, kuliah juga membutuhkan dana yang tingkat tinggi juga (mahal). Pengajarnya pun menggunakan metode pembelajaran tingkat tinggi. Bahkan saking tingginya terkadang membuat kita ga nyampe buat menangkap apa yang diajarkan sang dosen. Dan yang paling mengenaskan adalah jajanan-jajanan di kampus pun harganya tingkat tinggi.

Perbedaan signifikan yang dapat dirasakan di bangku kuliah setelah melewati 12 tahun bangku sekolah adalah tidak teraturnya jadwal. Disini kita dituntut untuk melakukan menejemen waktu tingkat tinggi (tuh kan tingkat tinggi lagi). Kalo sekolah biasanya rutin masuk jam 7, di kuliah, masuk kelas itu ga tentu. Kadang-kadang masuk jam 8 pagi, jam 1 siang, bahkan ada yang masuk jam 4 sore. Emang sih.. kuliah terkesan santai. Tapi dibalik kesan santai itu ada berjuta tugas yang ga bakal berhenti menghujani. so, keep calm and ngerjain tugas #suram.

Perbedaan yang lainnya adalah temen sekelas kita bakal ganti-ganti setiap mata kuliah. Jaman sekolah kan temen kita fix tuh dari awal tahun ajaran sampe akhir. Beda sama kuliah! Sisi positifnya adalah kita jadi punya banyak temen. Dengan banyak temen menimbulkan chain effect secara langsung ataupun ga langsung  bagi kehidupan kita di kampus. contoh aja nih, dengan banyak temen intensitas traktiran ulang tahun makin besar hal ini mengiplikasi penurunan pengeluaran perbulannya. Penurunan pengeluaran dapat meningkatkan kesejahteraan sosial dan budaya (agak ga nyambung sih..).

Perbedaan selanjutnya adalah makin anehnya pengajar. Dosen itu paling jago nge-troll. Apalagi kalo bikin soal ujian. Dahsyat guys. Ketika bisa ngerjain, gue jamin lo bakal merasa seperti keturunan Einstein. Soal-soal tingkat tinggi yang membutuhkan daya khayal yang tingkat tinggi untuk menyelesaikannya. Ga jarang mahasiswa yang mimisan saat UTS atau UAS. So.. siapin tisu yang banyak!

Perbedaan yang paling berasa yaitu kebebasan. Di sekolah, kita di kekang untuk berbuat ini dan itu. Contoh kecilnya ga boleh rambut panjang (buat cowo). Di kampus, kita diberikan kebebasan untuk menentukan. Meskipun ga bebas-bebas banget tetep aja lebih bebas jika dibandingkan dengan sekolah. Kebebasan berfikir dan berpendapat sangat jelas terlihat di bangku Kuliah. Perdebatan karena perbedaan pendapat sepertinya menjadi hal yang lumrah. Untuk itulah kita dituntut untuk memiliki pedoman hidup agar tidak terombang ambing di dunia perkuliahan. Gue pribadi mentoring setiap pekan untuk menjaga diri agar tetap berada di jalur yang benar. #tsah

Sejauh ini sih gue 'masih' menikmati yang namanya kuliah. Mata kuliahnya keren-keren parah ga ada obat. Saran gue buat yang masih sekolah, khususnya SMA kelas 3, pikirin deh tuh jurusan apa yang emang diminati. Belajar sesuatu yang udah dari awal kita minati itu seru abis.

-salam Maba B)
Read More