Senin, 17 September 2012

Negeri yang Kaya ? (Indonesia Bagiku)

hey guys.. long time no see.. setelah beberapa lama ga nongol di blog.. sekarang gue udah bermetamorfosa dari siswa menjadi mahasiswa. bangga sih, but beban yang ditanggung mahasiswa itu jauh lebih berat dari siswa (tanpa maha). so buat yang yang masih berstatus siswa, nimatilah masa-masa kesiswaanmu. dibawah ini adalah essay yang gue bikin buat bahan ospek.. ceritanya sih tentang Indonesia gitu. so check this out aja lah..

Orang bilang tanah kita tanah surga. Tongkat kayu dan batu jadi tanaman1. Itulah sepenggal lirik yang mendeskripsikan negeri kita tercinta ini, Indonesia. Sejak zaman SD kita tahu bahwa Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa. Mulai dari mulai dari sektor pertanian, kehutanan, kelautan, perternakan, hingga pertambangan. Flora dan fauna yang beraneka ragam turut serta memperkaya Indonesia. Luas wilayah Indonesia mencapai 1.904.569 Km2 yang terdiri dari 17.508 pulau2 merupakan kekayaan tersendiri bagi negara yang merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 ini. Kekayaan Indonesia tidak hanya itu. Kekayaan sumber daya manusia yang mencapai 237.641.3263 jiwa menjadikan Indonesia negara ke-4 dengan jumlah penduduk terbanyak tepat dibawah negara adikuasa, Amerika Serikat. Dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang begitu kaya seharusnya kita telah menjadi negara maju yang mampu bersaing dengan negara elit dunia seperti, Perancis, Jerman, Inggris, bahkan Amerika Serikat.

Sepertinya kita terbuai dengan segala kekayaan yang kita miliki. Pemanfaatan sumber daya alam tidak maksimal bahkan terkesan seadanya. Kita kaya dalam pertaniaan, namun kita harus impor beras dari negara tetangga. Kita kaya dengan hasil laut, namun untuk garam pun kita harus impor dari negara lain. Kita kaya hasil tambang, tapi minyak mentah pun kita harus impor. Pulau kita memang banyak, bahkan disaat negara tetangga merebut salah satu pulau milik kita, kita hanya diam saja. Dimana negeri yang kaya itu ? Apakah hanya sekadar bualan ? Negeri ini memang kaya. Sangat kaya akan masalah. Mulai dari masalah kemiskinan tak berujung hingga masalah elit biadab yang memakan uang rakyat. Kekayaan alam yang seharusnya milik kita kini diambil oleh pihak asing. Pihak asing seperti PT Freeport yang mengeruk habis hasil tambang di tanah Papua. Jika sudah begini, siapa yang salah ?

Indonesia butuh bebenah. Merapikan semua kekacauan yang telah terjadi. Indonesia butuh pemuda-pemuda hebat seperti Bung Karno di zamannya. Butuh agent of change yang mampu merubah bangsa yang terpuruk ini menjadi bangsa kaya yang sebenarnya. Agen perubahan itu adalah kita, Mahasiswa. Siswa yang menyandang status Maha didepannya. Maha yang berarti besar disandangkan kepada kita dengan harapan kita dapat melakukan sesuatu yang besar pula bagi bangsa Indonesia. Maha disini bukanlah simbol kesombongan. Maha disini adalah cerminan beban berat yang harus dipikul oleh seorang mahasiswa. Beban dua ratus juta rakyat Indonesia ada pada pundak mahasiswa. Jika ada mahasiswa yang hanya memikirkan dirinya sendiri, ku sebut kau penghianat. Bagiku Indonesia adalah negeri yang kaya dengan berjuta masalah kompleks. Butuh pemuda-pemuda hebat yang mampu memecahkan masalah yang kompleks. Kalau bukan kita, siapa lagi ?

support blog ini dengan mengklik iklan diatas

0 comments:

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !