Langsung ke konten utama

Negeri yang Kaya ? (Indonesia Bagiku)

hey guys.. long time no see.. setelah beberapa lama ga nongol di blog.. sekarang gue udah bermetamorfosa dari siswa menjadi mahasiswa. bangga sih, but beban yang ditanggung mahasiswa itu jauh lebih berat dari siswa (tanpa maha). so buat yang yang masih berstatus siswa, nimatilah masa-masa kesiswaanmu. dibawah ini adalah essay yang gue bikin buat bahan ospek.. ceritanya sih tentang Indonesia gitu. so check this out aja lah..

Orang bilang tanah kita tanah surga. Tongkat kayu dan batu jadi tanaman1. Itulah sepenggal lirik yang mendeskripsikan negeri kita tercinta ini, Indonesia. Sejak zaman SD kita tahu bahwa Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa. Mulai dari mulai dari sektor pertanian, kehutanan, kelautan, perternakan, hingga pertambangan. Flora dan fauna yang beraneka ragam turut serta memperkaya Indonesia. Luas wilayah Indonesia mencapai 1.904.569 Km2 yang terdiri dari 17.508 pulau2 merupakan kekayaan tersendiri bagi negara yang merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 ini. Kekayaan Indonesia tidak hanya itu. Kekayaan sumber daya manusia yang mencapai 237.641.3263 jiwa menjadikan Indonesia negara ke-4 dengan jumlah penduduk terbanyak tepat dibawah negara adikuasa, Amerika Serikat. Dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang begitu kaya seharusnya kita telah menjadi negara maju yang mampu bersaing dengan negara elit dunia seperti, Perancis, Jerman, Inggris, bahkan Amerika Serikat.

Sepertinya kita terbuai dengan segala kekayaan yang kita miliki. Pemanfaatan sumber daya alam tidak maksimal bahkan terkesan seadanya. Kita kaya dalam pertaniaan, namun kita harus impor beras dari negara tetangga. Kita kaya dengan hasil laut, namun untuk garam pun kita harus impor dari negara lain. Kita kaya hasil tambang, tapi minyak mentah pun kita harus impor. Pulau kita memang banyak, bahkan disaat negara tetangga merebut salah satu pulau milik kita, kita hanya diam saja. Dimana negeri yang kaya itu ? Apakah hanya sekadar bualan ? Negeri ini memang kaya. Sangat kaya akan masalah. Mulai dari masalah kemiskinan tak berujung hingga masalah elit biadab yang memakan uang rakyat. Kekayaan alam yang seharusnya milik kita kini diambil oleh pihak asing. Pihak asing seperti PT Freeport yang mengeruk habis hasil tambang di tanah Papua. Jika sudah begini, siapa yang salah ?

Indonesia butuh bebenah. Merapikan semua kekacauan yang telah terjadi. Indonesia butuh pemuda-pemuda hebat seperti Bung Karno di zamannya. Butuh agent of change yang mampu merubah bangsa yang terpuruk ini menjadi bangsa kaya yang sebenarnya. Agen perubahan itu adalah kita, Mahasiswa. Siswa yang menyandang status Maha didepannya. Maha yang berarti besar disandangkan kepada kita dengan harapan kita dapat melakukan sesuatu yang besar pula bagi bangsa Indonesia. Maha disini bukanlah simbol kesombongan. Maha disini adalah cerminan beban berat yang harus dipikul oleh seorang mahasiswa. Beban dua ratus juta rakyat Indonesia ada pada pundak mahasiswa. Jika ada mahasiswa yang hanya memikirkan dirinya sendiri, ku sebut kau penghianat. Bagiku Indonesia adalah negeri yang kaya dengan berjuta masalah kompleks. Butuh pemuda-pemuda hebat yang mampu memecahkan masalah yang kompleks. Kalau bukan kita, siapa lagi ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minyak Bumi - Kimia 10 SMA

Hadoh .. liburan-liburan.... hhaha .. Kakak kelas lagi kesusahan, adek kelas senang senang. Walaupun libur tapi masih aja banyak tugas. salah satunya ini nih, Tugas kimia kelas 10 tentang minyak bumi. Karena gue mau pinter ya .. kerjain ajalah..

Disini kita akan membahas tentang
Proses pembentukan minyak bumi
Komposisi minyak bumi
Pengolahan minyak bumi
Skema Penyulingan
Hasil pengolahan
Dampak penggunaan minyak bumi



Proses pembentukan minyak bumi
Minyak bumi dan gas alam diduga berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu. Dugaan tersebut didasarkan pada kesamaan unsur-unsur yang terdapat dalam bahan tersebut dengan unsur-unsur yang terdapat pada makhluk hidup. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terp…

Phylum Porifera

Sobat pernah nonton Spongebob Squarepant ?
Yup, film kartun produksi Nikelodeon ini menceritakan tentang kehidupan seorang spon yang hidup di sebuah kota bernama Bikini bottom.

Kali ini kita akan menguak siapa sih sebenarnya si Spongebob itu ?
Materi ini telah berikan pada saat kita masih duduk di sekolah menengah pertama (SMP) namun akan lebih diperdalam di Sekolah Menengah Atas (SMA) di semester dua.

Kali ini kita akan membahas tentang :
Pengertian PoriferaLapisan PoriferaStruktur tubuhSistem sirkulasi airKlasifikasi Porifera

Porifera (Latin, Phorus = pori-pori, ferre = pembawa) adalah hewan invertebrata yang mempunyai tubuh berpori-pori. Bentuk tubuh hewan ini tidak hanya kotak, tapi bermacam macam. Ada yang seperti piala, terompet, dan ada yang bercabang menyerupai tumbuhan. Struktur tubuhnya radial simetris. Porifera hidup di air laut dan air tawar.

Porifera memiliki tiga lapisan Epidermis (lapisan terluar)
Lapisan terluar dari porifera dan tersusun oleh sel sel epitelium pipih yang …

Phylum Mollusca

Mollusca berasal dari bahasa latin yaitu molluscus yang artinya lunak. Jadi Filum Mollusca adalah kelompok hewan invretebrata yang memiliki tubuh lunak. Tubuh lunaknya itu dilindungi oleh cangkang, meskipun ada juga yang tidak bercangkang. Mollusca yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah siput. Siput merupakan salah satu Mollusca yang teramsuk ke dalam kelas gastropoda. yaitu berjalan dengan menggunakan perutnya.




Pokok bahasan Pengertian MolluscaCiri-ciri MolluscaStruktur Tubuh MolluscaCara hidup MolluscaHabitat MolluscaReproduksi MolluscaKlasifikasi Mollusca

Ciri-ciri Mollusca: Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang.Habitatnya di ait maupun daratMerupakan hewan triploblastik selomata. Struktur tubuhnya simetri bilateral.Tubuh terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel.Memiliki sistem syaraf berupa cincin syarafOrgan ekskresi berupa nefridiaMemiliki radula (lidah bergigi)Hidup secara heterotrofReproduksi secara seksual
Ciri tubuh Mollusca Molusca terdiri da…