Langsung ke konten utama

Indonesia Siap Mandiri ?

            Indonesia, negeri kepulauan yang kaya akan budaya, SDA (sumber daya alam), dan SDM (sumber daya manusia). Indonesia mempunyai lebih dari 1000 suku, 17.804 pulau, dan luas hutan yang mencapai 133 hektar, serta jumlah penduduk 237.556.363 jiwa. Kekayaan laut yang melimpah ruah, belum lagi kekayaan hasil tambangnya. Begitu kayanya negeri ini. Meskipun Indonesia sangat kaya, tapi kenapa Indonesia masih di cap sebagai negara berkembang ? Di satu sisi Bangsa ini kaya, namun di sisi lain Bangsa ini terbelakang. Lari kemanakah kekayaan-kekayaan itu ?
            Indonesia masih di cap sebagai negara berkembang karena belum bisa mengoptimalkan IPTEK yang ada. Kita bandingkan dengan Jepang, pada saat bangsa ini merdeka, mereka hancur lebur akibat perang dunia II. Sekarang anda bisa lihat sendiri perbedaannya. Cukup jauh, bahkan sangat jauh. Jika di tinjau dari kekayaan alamnya, seharusnya kita bisa lebih maju dari Negara Matahari Terbit itu.
            Dengan minimnya IPTEK apakah Indonesia siap menjadi bangasa yang mandiri ? Jawabannya tentu tidak mungkin. Yang ada kita hanya di manfaatkan olah negara-negara "imperial" untuk di ambil sumber daya alamnya saja. Seperti yang terjadi di Irian Jaya, PT Freepo*t yang telah mengeruk ratusan juta ton emas namun tak sedikitpun masyarakat sekitar menikmati hasil kerukan tersebut. Kelaparan di tanah yang kaya. Yaaaa begitulah nasib mereka.
            Lalu, sebenernya bisa ga sih Indonesia menjadi bangsa yang mandiri ? sebenernya sih bisa-bisa aja. Seperti kata orang kebanyakan, "asal ada kemauan pasti ada jalan". Sekarang pertanyaannya adalah Apakah kita mau menjadi bangsa yang mandiri ? Membangun bangsa yang mandiri tidak semudah menjentikkan jari. Butuh kerja sama yang solid antara pemerintah dan masyarakat.
           Salah satu jalan menuju kemandirian bangsa adalah INOVASI ! Dengan inovasi kita bisa lebih mengoptimalkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jika kita tela'ah lebih jauh, kita bisa menemukan berbagai inovasi-inovasi anak bangsa yang bisa membuat kita menjadi bangsa yang mandiri. Misalnya, Smells good cabinet sejenis lemari pakaian yang bisa menghilangkan bau dan mengeringkan pakaian tanpa sinar matahari. Ada lagi Saeni sang penemu bibit padi unggul dan masih banyak lagi anak bangsa yang kreatif dalam berinovasi.
           Inovasi-inovasi anak bangsa itu tidak akan berguna tanpa adanya pengembangan mendalam. Pengembangan inovasi tidaklah murah, butuh biaya yang tidak sedikit. Hampir tidak mungkin, kita sebagai anak bangsa mengembangkan inovasi kita secara independen. Tentunya ada pihak-pihak yang digandeng. Biasanya pihak yang digandeng adalah pihak swasta. Sehingga hasil yang akan didapat nantinya akan menjadi milik pihak swasta yang digandeng tersebut. Disinilah salah satu "kekurangan" bangsa Indonesia. Kita hanya memikirkan jangka pendeknya saja, sedangkan jangka panjang diabaikan. Alangkah baiknya jika pemerintah kita menaruh perhatian lebih kepada para anak-anak bangsa yang kreatif dalam berinovasi ini. Ingatkah kalian dengan Pak Habibie ? Beliau sangat dihargai di Jerman sana. Tetapi di Indonesia tidak demikian. Masih banyak Habibie-Habibie lain yang tersebar ke seluruh penjuru dunia yang terpaksa mengabdi di negara lain. Kumpulkan kembali mereka, serpihan-serpihan berlian yang berserakan. Mari bersama membangun bangsa yang mandiri. Keluarkan inovasi-inovasi menuju kemandirian bangsa. INDONESIA SIAP MANDIRI !! Ayo kita raih kemerdekaan bangsa yang sesungguhnya ! Saatnya kita menjadi bangsa yang diakui oleh masyarakat internasional !
            Demi mewujudkan itu semua Mahasiswa/i Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia menyediakan wadah yang tepat bagi kita para anak bangsa yang ingin ikut serta dalam memajukan dan memandirikan bangsa dengan inovasi-inovasi kita. Compfest, yaa itu lah wadah yang diesediakan oleh mahasiswa/i FASILKOM UI. Event ini diadakan setiap tahun. Dalam event ini kita akan banyak menemukan acara-acara menarik seperti, exhibition, workshop, seminar, dan lomba-lomba berhadiah total jutaan rupiah.
Lomba yang diadakan diantaranya:
  1. Programming competition
    Kompetisi ini diperuntukan bagi programmer-programmer muda Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui, Indonesia merupakan salah satu negara yang hampir setiap tahunnya menyabet medali di ajang Olimpiade Komputer tingkat Internasional
  2. Blogging competition
    Kompetisi blog ini diadakan dalam rangka mengapresiasi para blogger Indonesia yang memiliki minat tinggi dalam hal menulis. Tahukan anda jika pengguna blog di Indonesia sudah melebihi 1 juta pengguna ? 
  3. Game design competition
    Perkembangan game saat ini sangatlah pesat. Pada develompent game berbasis android dikumpulkan dalam kompetisi ini.
  4. Robotic competition
    Kompetisi robot ini diadakan dalam rangka memperkenalkan robot kepada pemuda/i Indonesia agar kelak dapat menciptakan robot-robot yang berguna bagi kehidupan kita di masa depan.
Info lebih lengkap bisa dilihat di http://compfest2011.com
Tunggu apa lagi ? bersama-sama kita bisa menjadi bangsa yang mandiri !

Sumber referensi:
kaskus.us, liputan6.com, id.wikipedia.com, bps.go.id, jpnn.com, compfest2011.com
Buku Data dan Informasi Pemanfaatan Hutan Tahun 2010; Direktorat Jendral Planologi Kehutanan, Kementerian Kehutanan; November 2010

Komentar

  1. Indonesia memang harus sudah berbenah mulai sekarang .. kalo nggak kita sebagai generasi muda, terus siapa lagi gan .. sesama penghuni kaskus neh .. ID kaskus PunKerZzz

    BalasHapus

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !

Postingan populer dari blog ini

Minyak Bumi - Kimia 10 SMA

Hadoh .. liburan-liburan.... hhaha .. Kakak kelas lagi kesusahan, adek kelas senang senang. Walaupun libur tapi masih aja banyak tugas. salah satunya ini nih, Tugas kimia kelas 10 tentang minyak bumi. Karena gue mau pinter ya .. kerjain ajalah..

Disini kita akan membahas tentang
Proses pembentukan minyak bumi
Komposisi minyak bumi
Pengolahan minyak bumi
Skema Penyulingan
Hasil pengolahan
Dampak penggunaan minyak bumi



Proses pembentukan minyak bumi
Minyak bumi dan gas alam diduga berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu. Dugaan tersebut didasarkan pada kesamaan unsur-unsur yang terdapat dalam bahan tersebut dengan unsur-unsur yang terdapat pada makhluk hidup. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terp…

Phylum Porifera

Sobat pernah nonton Spongebob Squarepant ?
Yup, film kartun produksi Nikelodeon ini menceritakan tentang kehidupan seorang spon yang hidup di sebuah kota bernama Bikini bottom.

Kali ini kita akan menguak siapa sih sebenarnya si Spongebob itu ?
Materi ini telah berikan pada saat kita masih duduk di sekolah menengah pertama (SMP) namun akan lebih diperdalam di Sekolah Menengah Atas (SMA) di semester dua.

Kali ini kita akan membahas tentang :
Pengertian PoriferaLapisan PoriferaStruktur tubuhSistem sirkulasi airKlasifikasi Porifera

Porifera (Latin, Phorus = pori-pori, ferre = pembawa) adalah hewan invertebrata yang mempunyai tubuh berpori-pori. Bentuk tubuh hewan ini tidak hanya kotak, tapi bermacam macam. Ada yang seperti piala, terompet, dan ada yang bercabang menyerupai tumbuhan. Struktur tubuhnya radial simetris. Porifera hidup di air laut dan air tawar.

Porifera memiliki tiga lapisan Epidermis (lapisan terluar)
Lapisan terluar dari porifera dan tersusun oleh sel sel epitelium pipih yang …

Phylum Mollusca

Mollusca berasal dari bahasa latin yaitu molluscus yang artinya lunak. Jadi Filum Mollusca adalah kelompok hewan invretebrata yang memiliki tubuh lunak. Tubuh lunaknya itu dilindungi oleh cangkang, meskipun ada juga yang tidak bercangkang. Mollusca yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah siput. Siput merupakan salah satu Mollusca yang teramsuk ke dalam kelas gastropoda. yaitu berjalan dengan menggunakan perutnya.




Pokok bahasan Pengertian MolluscaCiri-ciri MolluscaStruktur Tubuh MolluscaCara hidup MolluscaHabitat MolluscaReproduksi MolluscaKlasifikasi Mollusca

Ciri-ciri Mollusca: Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang.Habitatnya di ait maupun daratMerupakan hewan triploblastik selomata. Struktur tubuhnya simetri bilateral.Tubuh terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel.Memiliki sistem syaraf berupa cincin syarafOrgan ekskresi berupa nefridiaMemiliki radula (lidah bergigi)Hidup secara heterotrofReproduksi secara seksual
Ciri tubuh Mollusca Molusca terdiri da…