Langsung ke konten utama

Curhatan BUMIku

Perkenalkan, namaku Bumi. Aku merupakan salah satu anggota keluarga TataSurya yang bertempat tinggal di "kota" Bimasakti. Menurut para peneliti usiaku sudah 4,5 miliyar tahun. Cukup tua bukan ?? tapi itu bukan masalah bagiku. Dengan usia setua itupun aku masih sanggup menampung serta menghidupi kalian umat manusia. Namun belakangan ini aku sering sakit-sakitan. Entah itu "demam" atau bahkan sampai "kelainan cuaca". Aku ingat diriku saat 280 tahun lalu, sebelum kejadian itu. Yaaa, revolusi industri. Revolusi industri telah merubah hidupku untuk selamanya. Sebelum Revolusi industri "tubuhku" masih segar bugar. Namun semenjak terjadinya revolusi industri, tubuhku sedikit demi sedikit di gerogoti oleh "virus-virus" yang haus akan harta. Dengan teganya mereka mengeksploitasi diriku tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan di kemudian hari. Tidak hanya itu, nafasku sesak akibat polusi udara yang berlebih. "Paru-paruku" juga sudah hampir musnah akibat keserakahan kalian. Sudah hampir 3 abad diriku diperlakukan seperti itu, namun aku masih berjiwa besar. Aku masih sudi memberi kehidupan bagi kalian. Entah sampai kapan aku mampu bertahan. Mungkin jika tingkah kalian tidak berubah atau bahkan makin parah, aku tidak bisa menjamin dapat menjadi tempat tinggal bagi kalian untuk 20 tahun ke depan.
Aku hanya bisa berharap agar kalian sadar. Aku membutuhkan kalian seperti halnya kalian membutuhkanku. Hewan saja bisa bersimbiosis mutualisme (saling menguntungkan), masa' kalian tidak ?? Kalau tidak, berarti kalian lebih rendah dari binatang.
aku punya beberapa permintaan :
1. Janganlah kalian rusak paru-paruku (hutan)
2. Bijaklah dalam menggunakan kekayaanku (sumber daya alam)
3. Kurangi bahkan hilangkan polusi yang mengganguku
4. Jangan jadikan aku tempat sampah dimana kau bisa membuang sampah seenaknya
5. Jangan kau cemari airku
6. Hijaukan diriku agar aku bisa tersenyum kembali.
Aku memohon dengan sangat. Kabulkanlah permintaanku. Jika kalian mengabulkannya, aku pasti siap menjadi tempat tinggal ternyaman kalian untuk Seratus Ribu tahun lagi. Namun jika tidak, bersiaplah menghadapi kehancuran. Jangan salahkan aku jika banyak terjadi bencana. Bercerminlah, apa yang kalian lakukan akan berdampak di kemudian hari baik itu baik atau buruk tergantung pada diri kalian masing-masing.
Renungkanlah....

Image source : http://rovicky.wordpress.com/

Komentar

  1. mari kita jaga bumi agar tidak sakit-sakitan mlulu

    BalasHapus
  2. Silahkan berkunjung ke http://andikafais.blogspot.com/ Terima kasih.

    BalasHapus
  3. semoga indonesia tetap bisa mejadi paru2 dunia....

    BalasHapus

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !

Postingan populer dari blog ini

Minyak Bumi - Kimia 10 SMA

Hadoh .. liburan-liburan.... hhaha .. Kakak kelas lagi kesusahan, adek kelas senang senang. Walaupun libur tapi masih aja banyak tugas. salah satunya ini nih, Tugas kimia kelas 10 tentang minyak bumi. Karena gue mau pinter ya .. kerjain ajalah..

Disini kita akan membahas tentang
Proses pembentukan minyak bumi
Komposisi minyak bumi
Pengolahan minyak bumi
Skema Penyulingan
Hasil pengolahan
Dampak penggunaan minyak bumi



Proses pembentukan minyak bumi
Minyak bumi dan gas alam diduga berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu. Dugaan tersebut didasarkan pada kesamaan unsur-unsur yang terdapat dalam bahan tersebut dengan unsur-unsur yang terdapat pada makhluk hidup. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terp…

Phylum Porifera

Sobat pernah nonton Spongebob Squarepant ?
Yup, film kartun produksi Nikelodeon ini menceritakan tentang kehidupan seorang spon yang hidup di sebuah kota bernama Bikini bottom.

Kali ini kita akan menguak siapa sih sebenarnya si Spongebob itu ?
Materi ini telah berikan pada saat kita masih duduk di sekolah menengah pertama (SMP) namun akan lebih diperdalam di Sekolah Menengah Atas (SMA) di semester dua.

Kali ini kita akan membahas tentang :
Pengertian PoriferaLapisan PoriferaStruktur tubuhSistem sirkulasi airKlasifikasi Porifera

Porifera (Latin, Phorus = pori-pori, ferre = pembawa) adalah hewan invertebrata yang mempunyai tubuh berpori-pori. Bentuk tubuh hewan ini tidak hanya kotak, tapi bermacam macam. Ada yang seperti piala, terompet, dan ada yang bercabang menyerupai tumbuhan. Struktur tubuhnya radial simetris. Porifera hidup di air laut dan air tawar.

Porifera memiliki tiga lapisan Epidermis (lapisan terluar)
Lapisan terluar dari porifera dan tersusun oleh sel sel epitelium pipih yang …

Phylum Mollusca

Mollusca berasal dari bahasa latin yaitu molluscus yang artinya lunak. Jadi Filum Mollusca adalah kelompok hewan invretebrata yang memiliki tubuh lunak. Tubuh lunaknya itu dilindungi oleh cangkang, meskipun ada juga yang tidak bercangkang. Mollusca yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah siput. Siput merupakan salah satu Mollusca yang teramsuk ke dalam kelas gastropoda. yaitu berjalan dengan menggunakan perutnya.




Pokok bahasan Pengertian MolluscaCiri-ciri MolluscaStruktur Tubuh MolluscaCara hidup MolluscaHabitat MolluscaReproduksi MolluscaKlasifikasi Mollusca

Ciri-ciri Mollusca: Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang.Habitatnya di ait maupun daratMerupakan hewan triploblastik selomata. Struktur tubuhnya simetri bilateral.Tubuh terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel.Memiliki sistem syaraf berupa cincin syarafOrgan ekskresi berupa nefridiaMemiliki radula (lidah bergigi)Hidup secara heterotrofReproduksi secara seksual
Ciri tubuh Mollusca Molusca terdiri da…