Kompetisi WEB Kompas MuDa & AQUA

kompetisi web kopas muda & aqua
Kompetisi WEB Kompas MuDa & AQUA adalah salah satu bukti dedikasi KOMPAS dan AQUA dalam memajukan Generasi muda BANGSA. Kompetisi ini mengusung tema "It’s about us: Air untuk masa depan". Tema yang sangat mengena pada kehidupan masyarakat belakangan ini. Dimana sumber daya dieksploitasi berlebihan. Pengeksloitasi yang berlebihan itu dapat berujung pada ketidak seimbangan ekosistem. Sehingga menimbulkan masalah yang tak berujung. Meskipun tak berujung, saya yakin maalah ini pasti akan menemui ujungnya.

Belakangan ini sedang gencar-gencarnya dicangangkan penghematan sumber daya, salah satunya AIR. Tidak dapat dipungkiri lagi, Air merupakan salah satu senyawa terpenting dalam kehidupan kita.
  1. Menurut Ilmu Biologi, air menyusun hingga 70% bagian dari tubuh kita. Tapi anehnya masih ada saja yang tidak bisa bernang (?) padahal tubuh kita tersusun dari air.
  2. Menurut Ilmu Geografi, air menyusun hingga 70.8% bagian dari Bumi kita. Bayangkan saja jika 70.8% tersebut menyusut hingga 50%. Kestabilan ekosistem akan goyah. Tumbuhan dan hewan mulai punah disusul oleh kepunahan kita umat manusia.
  3. Menurut Ilmu Kimia, air merupakan senyawa yang terbentuk dari reaksi 2 unsur Hidrogen (H) dan 1 unsur Oksigen (O) = H2O. Kalo tidak ada air, otomatis oksigen yang menyusun senyawa tersebutpun tidak ada. dan anda pasti tau apa yang akan terjadi jika di bumi sudah tidak ada lagi oksigen.
  4. Menurut Ilmu Ekonomi, air merupakan salah satu barang illith, dimana air itu bermanfaat namun jika air itu berlebih akan menimbulkan kerugian bagi kita (contoh: banjir). So bijak bijaklah dalam menggunakan air. Usahakan membuat biopori agar air hujan bisa meresap masuk ke dalam tanah supaya tidak ada air berlebih di permukaan tanah dan dapat di manfaatkan kembali.
  5. Menurut Ilmu Fisika, air memiliki massa jenis 1gr/cm3. Air juga digunakan dalam sistem hidrolik yang dapat diaplikasikan dalam berbagai alat (misalnya dongkrak, rem bus, dll).

Setelah melihat dari berbagai sudut pandang Ilmu Pengetahuan, kita pasti sudah dapat menyimpulkan bahwa, kehidupan ini tidak akan pernah terlepas dari AIR. Air untuk masa lampau, sekarang, dan masa depan.

Jadi, gimana nih langkah kongkrit kita sebagai "mudaers" dalam menghadapi permasalahan sumberdaya khususnya AIR ?
Sebagai mudaers yang peduli akan kelestarian lingkungan, kita dapat mengambil langkah langkah berikut :
  1. Yakinkan diri anda bahwa anda tidak bisa hidup tanpa Air
    Keyakinan merupakan salah satu kunci utama kesuksesan. yakinlah bahwa anda adalah orang yang pintar, maka anda akan menjadi pintar.
  2. Pacu keinginan untuk bertindak membenahi masalah Air
    Setelah yakin bahwa kita tidak bisa hidup tanpa air, pasti kita memiliki sedikit keinginan untuk ikut turun tangan dalam memebenahi masalah Air. Karena keinginan yang timbul masih relatif sedikit, maka keinginan itu harus dipacu agar keinginan itu terus tumbuh.
  3. Carilah ilmu sebanyak mungkin
    Ilmu, yang satu ini jangan pernah dilewatkan. Mustahil kita bisa bertindak tanpa ilmu. semua ada ilmunya. Untuk itu, sering seringlah browsing tentang lingkungan. Atau kalau perlu pergilah ke toko buku untuk mencari ilmu tersebut. Ingat "carilah ilmu sampai ke negeri china"
  4. Bertindaklah sesuai kemampuan kita
    Setelah keyakian mantap, keinginan takkan pernah goyah, dan ilmu telah didapat, maka saatnya kita bertindak. Bertindak dalam konteks ini bukan hanya terjun kelapangan untuk turut serta dalam menanggulangi masalah air. Bertindak di sini juga bisa disalurkan dalam berbagai bidang. Seni misalnya, dengan seni musik, seni lukis atau seni teatrikal kita bisa menularkan keinginan kita untuk menjadikan bumi lebih baik lagi. Ga cuma disitu aja, kita juga bisa bertindak secara online. Contohnya ya ini, menulis artikal di blog atau website kamu yang berwawasan lingkungan.
Untuk itu, kita patut memberikan apresiasi kepada Kompas & AQUA atas terselenggaranya Kompetisi WEB Kompas MuDa & AQUA. Dengan ini diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya air bagi kehidupa kita. Baik sekarang, maupun yang akan datang. Saatnya kita bersorak "It’s about us! Air untuk masa depan"

Comments

  1. Wah, ada saingan nih, tulisannya bagus. Semoga berhasil jadi jawara! :)
    Sukses...

    Salam BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    ReplyDelete
  2. Wih keren nih tulisannya, mantap bos

    ReplyDelete
  3. halo, gan. cma mo ngasih tau klo blog saya http://www.rezhaxite.co.cc brubah sprti semula menjadi http://rezhaxite.blogspot.com. atas perhatiannya, thanx a lot. :D

    ReplyDelete
  4. wah kurang tau. soalnya belum pernah ganti domain sih :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan lupa kasih komentar ya !

Popular posts from this blog

Trigonometri Dasar

Scyphozoa - Phylum Coelenterata

Alien Ada Di Sekitar Kita