Minggu, 17 Oktober 2010

Bersama Angkasawan, Jelajahi Angkasa

Sabtu, 16 Oktober 2010. Di saat Kota Depok merayakan pesta demokrasi besar-besaran (PILKADA), saya bersama dengan sembilan teman saya ditambah satu guru pembimbing (1 + 9 + 1 = 11) Ditugaskan sekolah untuk jalan-jalan. Sebenernya sih ga jalan-jalan aja. Kami juga harus mengikuti acara talkshow dengan para astronot China yang baru saja kembali dari angkasa luar. Setelah itu baru deh liat-liat (liat-liat doang loh !!) kapal Yuanwang-5. Ituloh kapal laut canggih pengendali dan pelacak satelit dari China. Ternyata China ga cuma bikin mainan plastik aja yaa. Mereka juga bisa bikin Kapal laut yang canggih.
Kami berangkan bersama rombongan dari Kota Depok (SMAN 1, SMAN 2, dan SMAN 3). Meeting point kami di jalan Nusantara, tepatnya di depan SMAN 1 Depok. Menurut informasi yang saya dapat dari sms, kita kumpul jam 6 pagi ga pake ngaret !! okelah saya turuti. Jam 5.30 saya berangkat. Sesampainya di Depan SMAN 1 Depok ternyata belum ada orang. "ah sial kalo tau gini gue dateng ngaret aja", gumam saya dalam hati. Tak lama berselang saya melihat teman saya (sebut saja IPIN).
"Woy Pin, yang laen pada kemana ?" tanya saya.
"Gatau nih, ane juga beru dateng", jawabnya dengan sok arab.
"ah payah nih, katanya jam 6 masa jam 6 kurang 15 belom ada orang, jangan jangan kita dikerjain nih", gerutu saya.
Selang beberapa menit kemudian, teman saya yang lain datang datang hingga tepat pukul 6 pagi wakil dari sekolah kami telah berkumpul 10 dari 11 orang, tetapi dari sekolah lain belum ada yang datang. hadaaah. emang bener bener dikerjain nih. Okelah tak apa, yang penting Jalan-jalan. Sambil menunggu yang lain, kami berbincang-bincang ringan seputar sekolah. lumayan lah untuk mengusir kebosanan. Satu jam berlalu, suasana berubah menjadi ramai karena sudah banyak siswa yang datang. Karena sudah berkumpul semua kami memutuskan untuk berangkat. Kebetulan pada saat itu saya duduk bersebelahan dengan Toni. Karena badannya yang tidak kecil alias besar (haha, sorry aja nih ton), saya merasa kurang nyaman. Tapi gapapa lah, daripada duduk sendiri.
Dipejalanan kami dari SMAN 3 hanya bisa duduk manis dann mendengarkan siswa-siswa SMAN 1 bercanda tertwatawa, bahkan ada yang nyanyi. Maklumlah jumlah mereka banyak. mungkin ada sekitar setengah kelas (20 siswa/i). The first destination is PP IPTEK Taman Mini Indonesia Indah !!! Tiba di sana, kami langsung foto-foto di area parkir PP IPTEK


Setelah puas berfoto-foto barulah kami masuk ke dalam PPIPTEK. Dari luar sampai ke dalam banyak sekali orang china. Serasa di GLODOK dah kalo begini. Sasampai di dalam, ruangan yang paling saya cari adalah TOILET !. Dari sebelum berangkat memang sudah terasa ingin buang air kecil. Tapi anehnya masih aja sempet foto-foto. Perdana nih, buang air kecil di toilet PPIPTEK. Setelah puas bermain di toilet (?) saya pun kembali kerombongan menuju ruang talkshow. Tiba di ruang talkshow ternyata masih sepi.
"Yah, nunggu lagi ini mah", eluh saya dalam hati.
Yasudahlah, mungkin memang nasib saya terlahir seperti ini saya terima dengan ikhlas dan lapang dada. Tak lama berselang, datanglah rombongan dari kota lain ada yang dari tanggerang, bekasi, bogor, bandung, bahkan ada yang dari boyolali. Gila kan, jauh jauh dari boyolali untuk melihat sang astronot. Seperti biasanya, untuk mengisi keluangan waktu, kita foto foto (lagi).

Jeeeng jeeeng. Akhirnya acara dimulai, diawali dengan sambutan dari Pak Menteri Riset dan Teknologi. Dilanjutkan oleh duta besar China. Prosesi sambutan ini menghabiskan waktu yang tidak sebentar. Bayangkan saja, setiap satu kalimat bahasa China diucap translatornya menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Kurang BT apa coba ? okelah daripada Bosen, mending jalan jalan melihat segala macam alat di PPIPTEK.
"Ton, Jalan jalan aja nyok, bosen nih gue", ajak saya.
"oke deh, gue juga bosen. tuh orang ngomong apa juga gue ga ngerti", sahut Toni.
Kami memulai perjalanan dari TOILET. Berjalan terus menelusuri lorong, setiap bertemu alat yang memiliki tombol pasti kita pencet deeh. hahaha. Tak lupa juga kami Foto-foto lagi. :D

Setelah puas berkeliling, kami kembali ke ruang talkshow. Wah ternyata, sudah masuk ke sesi tanya jawab. Bagi penanya memiliki kesempatan berfoto dengan astronot. Kala itu saya ingin sekali berfoto dengan astronot. Tapi apa daya, saya tidak memiliki sesuatu yang ingin di tanyakan. Apa yang mau ditanyakan ? dari tadi kan saya berkeliling PP IPTEK. Otomatis saya tidak tau menau tantang apa yang dibicarakan para astronot sebelumnya. Pertanyaan-pertanyaan diajukan, menurut saya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan itu sangatlah standar. Jawabannya pasti bisa kita temukan di buku ataupun internet. Dari pihak China pun menjawab dengan jawaban yang standar, terkesan seperti ada yang ditutup-tutupi. Mungkin tujuan mereka datang ke indonesia bukanlah untuk berbagi ilmu, namun hanya sekedar pamer "nih gue udah ngirim astronot ke luar angkasa, lo bisa ga ?" seperti itu gambarannya. Apapun tujuan mereka, yang penting kita jalan-jalan. yeeeeh !!!!

Acara talkshow berakhir, kamipun kembali ke dalam mobil untuk melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Priok.. !!! Seperti pada perjalanan sebelumnya, tak ada yang spesial di perjalanan kali ini. Saya hanya duduk tenang sambil menikmati pemandangan ibokota yang tak lama lagi akan tenggelam. Karena jarak dari TMII ke Tanjung Priok relatif dekat, maka waktu tempuhnya pun tak terlalu lama. Pokoknya tau-tau udah di kawasan pelabuhan tanjung priok. Petikemas yang saling bertindih menghiasi pemandangan saat memasuki kawasan pelabuhan. Beberapa puluh meter dari pintu masuk, kapal pesiar Yuanwang-5 sudah mulai terlihat, dari jauh si biasa aja, tak ada yang istimewa. Kapal Yuanwang-5 memiliki panjang 222 meter, tinggi 40,8 meter dan leber 25 meter. Kapal tersebut berfungsi sebagai navigator satelit yang mengorbit bumi. Dilengkapi dengan Doppler Weather Radar sehingga kapal ini juga mampu meramalkan cuaca, mendapatkan data-data seperti misalnya kelembaban udara, tekanan udara, serta potensi hujan bahkan badai. Setelah turun dari bus, tak lupa juga kami foto foto lagi. :D

Di dalam kapal, kami hanya di jelaskan tentang kegunaan tombol-tombol yang berada di dalam ruang kendali. Sangat disayangkan, tadinya saya berharap bisa mengetahui cara Kapal Yuanwang-5 mengendalikan/menavigasikan satelit yang berada di angkasa luar. Namun beginilah jadinya. emang bener, niat mereka dateng ke indonesia cuma mau pamer teknologi ke kita. Okelah, suatu saat nanti giliran kita pamer ke mereka. Percayalah, Indonesia akan menjadi negera adidaya dimana kita masyarakatnya akan hidup di atas garis kesejahteraan.
Satu lagi nih, sebenernya kita punya banyak anak bangsa yang berbakat di bidang teknologi, tapi sayangnya di indonesia mereka ga dibina. Jangankan dibina dihargai saja tidak. Oleh sebab itulah, mereka pada lari keluar negeri. Karena apa ?? karena di luar negeri mereka bisa mendapat pembinaan. Dan alhasil, karya-karya yang seharusnya menjadi milik INDONESIA kini di ambil oleh negera lain.

Pesan Penulis : " Teruslah Berkarya "

support blog ini dengan mengklik iklan diatas

2 comments:

MUHAMMAD JIHADIL mengatakan...

hebat..........

31 Desember 2010 09.42
lukamnefendi mengatakan...

kren ui... hwhw...

9 Januari 2011 02.29

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !