Senin, 22 Februari 2010

Tips Aman Bergaul Di Facebook

Ok sob .. setelah memposting tentang Tips Eksis Di Facebook, Kali ini saya akan memberikan tips-tips Cara Aman Bergaul Di Facebook. Sebenarnya sih tidak hanya di Facebook tetapi bisa juga diterapkan di situs jejaring sosial lainnya. Pokoknya dunia cyber (internet) !.
Internet bagaikan sebilah pedang. Manakala kita bijak memanfaatkannya maka internet akan sangat menguntungkan. Tetapi jika kita sembarangan dalam menggunakan internet, maka celakalah kita.

dibawah ini ada sedikit tips yang saya dapat dari detikinet.com

  1. Jangan terlalu lengkap memasang profil atau data diri di Facebook. Tentunya semakin lengkap profil/data diri terpasang, semakin mudah mendapatkan teman. Tetapi di sisi lain, semakin berisiko pula data diri kita disalah-gunakan (abused)

  2. Berhati-hatilah dalam menulis status, note, dll. Jika mencantumkan nama seseorang alangkah baiknya jika di sensor (ex : pandhu --- pa**h*). Kalian ga mau kan masuk penjara cuma gara-gara status Facebook ?? kan ga lucu ,, haha

  3. Jangan memasang Foto-foto anda yang sekiranya memalukan. Sekali anda meng-upload lalu tersebar, maka mustahil untuk menhapusnya dari Internet. Maka slektiflah dalam memilih foto yang pantas untuk di upload.

  4. Jangan sembarangan 'add friend' atau melakukan approval atas permintaan seseorang untuk menjadi teman Anda. Cara memilah dan memilihnya mudah, yaitu lihat saja berapa jumlah "mutual friends" antara Anda dengan seseorang tersebut. Semakin sedikit "mutual friends"-nya, berarti semakin sedikit teman-teman Anda yang kenal dengan dirinya, yang berarti semakin berisiko tinggi. Pastikan Anda hanya menerima "pertemanan" yang "mutual friends"-nya cukup banyak.

  5. Jangan sembarangan menerima tag photo. Bolehlah kita "banci tagging", tetapi berupayalah lebih selektif. Artinya, sekali Anda terjun ke Facebook, rajin-rajinlah memeriksa "keadaan sekeliling". Karena kita kadang menemukan foto diri kita yang di-upload dan di-tag oleh orang lain, padahal kita tidak suka foto tersebut disebarluaskan. Segera saja kita "untag" diri kita dari foto tersebut.

  6. Jangan tunda-tunda, ketika Anda menemukan data atau profil Anda digunakan oleh pihak lain untuk hal-hal di luar kontrol Anda, segeralah bertindak. Membiarkannya, justru akan membuatnya makin berlarut dan berdampak destruktif, setidaknya untuk kenyamanan diri sendiri. Laporkan langsung ke pengelola layanan untuk segera mencabut informasi aspal (asli tapi palsu) tersebut. Atau, mintalah bantuan pada orang atau pihak yang sekiranya bisa atau paham bagaimana mengatasi hal di atas.

  7. Jangan mudah termakan bujuk rayu orang yang baru Anda kenal di Facebook. Karena perlu Anda ingat bahwa seringkali orang menyamarkan identitas aslinya di dunia maya. Apa yang tampak di dunia maya seperti Facebook belum tentu cerminan asli perilaku diri di dunia nyata. Bisa jadi orang yang tampak baik, sopan di Facebook ternyata memiliki watak sebaliknya di dunia nyata. Oleh karena itu sebaiknya berhati-hati dengan teman yang baru dikenal di dunia maya.



sumber : detikinet.com

Amankan juga akun facebook kalian
Semoga bermanfaat.

support blog ini dengan mengklik iklan diatas

2 comments:

lulu mengatakan...

makasih infonya

18 Mei 2010 11.32
Pandhu mengatakan...
Admin

sama sama ..hhe

18 Mei 2010 15.50

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !