Minggu, 21 Februari 2010

Inspirasi The Beatles Adalah Band Indonesia

Buat para pecinta musik Rock n Roll klasik, siapa sih yang tidak mengenal The Beatles ? Band Rock and Roll yang satu ini sudah melegenda di seluruh penjuru dunia. Tidak terkecuali Indonesia. Band yang Beranggotakan John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr merauk sukses pada tahun 1963 di tanah Britania raya. Band ini dibentuk pada tahun 1959 di Liverpool dengan formasi awal John Lennon (Vokal, Gitar), Paul Mc Cartney (Vokal, Gitar), George Harrison (Vokal, Gitar), Stuart Sutcliffe (Bass) dan Pete Best (Drum).

Ternyata eh ternyata, Band legendaris ini terinspirasi oleh band asal Indonesia. Band asal Indonesia itu adalah Tielman Brothers. Jauh sebelum The Beatles terkenal dan saat The Beatles masih manggung di cafe dan bar kecil di Jerman, Tielman Brother sudah kesana-kemari mengisi acra stasiun TV di Jerman.
Menurut sejarah Paul Mc Cartney sering mendatangi show band-band Indorock di jerman dan dia sangat terinspirasi akan musik-musik band indorock




Ada beberapa fakta yang sangat mengejutkan dari band ini. Jauh sebelum publik rock terpesona dan berdecak kagum dengan permainan gila gitaris Jimi Hendrix pada tahun 1967, salah satu personil TheTielman Brothers, Andy Tielman, sang frontman telah memulai teknik tersebut pada tahun 1956 atau 11 tahun sebelum Jimi Hendrix bereksperimen dengan gitarnya. Gaya Andy dan teknik gitarnya sangat memukau. Gitar yang dipetik menggunakan gigi, kaki, jauh mendahului Jimi Hendrix.

Konon, Paul McCartney ternyata mengagumi band ini dan terinspirasi The Tielman Brothers sebelum The Beatles terkenal pada awal 1960-an. Maklumlah, The Tielman Brothers telah membawakan lagu-lagu rock n roll jauh sebelum The Beatles muncul. Saat The Beatles manggung pertama kali di Jerman, grup band asal Inggris ini sempat melihat penampilan The Tielmans Brothers yang manggung menggunakan Hofner Violin bass. Dan saat itulah untuk yang pertamakalinya Paul melihat Bass Violin Hofner. Andy Tielmans sang gitaris memakai Fender Jazz Master khusus 10 strings. Fender sengaja mengirim representative-nya ke Jerman saat itu untuk merancang gitar buat Andy Tielmans.

Dengan membawa budaya tropis dan kecintaan kepada gitar, mereka melahirkan Indorock yang bercirikan dominasi gitar yang dipadukan dengan musik Hawaii, country, dan Rock n Roll. Panggung tempat mereka bermain selalu dipenuhi aksi-aksi spektakuler di jamannya : style main gitar dengan meliuk ala Heavy Metal 80-an, aksi manggung liar ala Punk, main drum sambil berdiri ala Lars Ulrich Metallica, dan mbetot bas di bawah ala Korn.

Jauh sebelum Jimi Hendrix, Jimmy Page, atau Ritchie Blackmore mempopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala atau di belakang badan, Andy Tielman telah memperkenalkan aksi akrobatik legendaris ini sejak tahun 1957 bersama The Tielman Brothers. Dedikasi dan inovasi Andy yang sangat berpengaruh bagi perkembangan budaya pop belanda membawa gelar The Godfather of Dutch Rock & Roll, The Uncrowned King of Indorock, dan penghargaan Order of the Orange-Nassau ke pangkuannya.

source:
1. http://indorock.pmouse.nl
2. http://bayuhape.multiply.com
3. http://nopex.wordpress.com

Sumber : Kompas Forum

Jadi intinya kualitas "produk lokal" itu tidak kalah saing dengan "produk luar".

support blog ini dengan mengklik iklan diatas

0 comments:

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !