Langsung ke konten utama

Paragraf Argumentatif

Paragraf Argumentatif atau Paragraf Argumentasi adalah karangan yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat/gagasan sehingga pembaca yakin akan kebenaran pendapat tersebut.

Langkah-langkah dalam menulis karangan argumentatif.
1. Menentukan topik
2. Merumuskan tema
3. Menyusun kerangka
4. Mengumpulkan data
5. Mengembangkan kerangka menjadi paragraf


1. Menentukan Topik

Kata Topik berasal dari bahasa Yunani yaitu "topoi" yang berarti wilayah atau tempat. Topik itu sendiri dapat dicari dari sumber-sumber topik, seperti pengalaman, pengamatan, pengetahuan, pendapat, dan daya khayal.
Syarat topik argumentatif
a. Berhubugan dengan pengetahuan kita
b. Menarik dan sesuai minat
c. Ruang lingkupnya tidak terlalu luas
d. Memiliki data dan fakta objektif
e. Memiliki sumber acuan

2. Merumuskan Tema

Tema itu harus
a. Dirumuskan dengan kalimat yang jelas
b. Adanya kesatuan gagasan sentral yang menjadi landasan seluruh karangan
c. Pengembangan tama yang terarah
d. Orisinil

3. Menyusun kerangka

Fungsi :
a. Memudahkan penyusunan karangan
b. Memudahkan penempatan bagian
c. Menghindari timbulnya pengulangan pembahasan
d. Membantu pengumpulan data

Syarat :
a. Mengungkapkan maksud yang jelas
b. Tiap bagian hanya mengandung satu gagasan
c. Disusun secara logis dan sistematis
e. Memerlukan penggunaan simbol yang konsisten

4. Mengumpulkan data

Pengumpulan data dan fakta dapat dilakukan di perpustakaan untuk memperoleh pendapat-pendapat dari para ahli yang terdapat di dalam buku.

5. Mengembangkan kerangka menjadi paragraf

Langkah terakhir adalah mengembangkan kerangka menjadi paragraf dengan didukung data dan fakta yang sudah diperoleh.

Semoga bermanfaat . :D

Komentar

  1. zzzz...cm gtu doang

    BalasHapus
  2. emang mau gimana lagi ? kalo ada yang mau ditambahkan silahkan

    BalasHapus
  3. conToh.y mna........

    BalasHapus
  4. belum dibuat. nanti menyusul ^_^

    BalasHapus
  5. --"
    menyusulnya mana?
    butuh contoh nih..

    BalasHapus
  6. thank ya,,,tugas saya akan cepat selesasi setelah melihat info ini ,,

    BalasHapus
  7. thanks yha, ats infonya,,, sya jd bs ngapaen tgas lbh mdh jdnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !

Postingan populer dari blog ini

Minyak Bumi - Kimia 10 SMA

Hadoh .. liburan-liburan.... hhaha .. Kakak kelas lagi kesusahan, adek kelas senang senang. Walaupun libur tapi masih aja banyak tugas. salah satunya ini nih, Tugas kimia kelas 10 tentang minyak bumi. Karena gue mau pinter ya .. kerjain ajalah..

Disini kita akan membahas tentang
Proses pembentukan minyak bumi
Komposisi minyak bumi
Pengolahan minyak bumi
Skema Penyulingan
Hasil pengolahan
Dampak penggunaan minyak bumi



Proses pembentukan minyak bumi
Minyak bumi dan gas alam diduga berasal dari jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu. Dugaan tersebut didasarkan pada kesamaan unsur-unsur yang terdapat dalam bahan tersebut dengan unsur-unsur yang terdapat pada makhluk hidup. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terp…

Phylum Mollusca

Mollusca berasal dari bahasa latin yaitu molluscus yang artinya lunak. Jadi Filum Mollusca adalah kelompok hewan invretebrata yang memiliki tubuh lunak. Tubuh lunaknya itu dilindungi oleh cangkang, meskipun ada juga yang tidak bercangkang. Mollusca yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah siput. Siput merupakan salah satu Mollusca yang teramsuk ke dalam kelas gastropoda. yaitu berjalan dengan menggunakan perutnya.




Pokok bahasan Pengertian MolluscaCiri-ciri MolluscaStruktur Tubuh MolluscaCara hidup MolluscaHabitat MolluscaReproduksi MolluscaKlasifikasi Mollusca

Ciri-ciri Mollusca: Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang.Habitatnya di ait maupun daratMerupakan hewan triploblastik selomata. Struktur tubuhnya simetri bilateral.Tubuh terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel.Memiliki sistem syaraf berupa cincin syarafOrgan ekskresi berupa nefridiaMemiliki radula (lidah bergigi)Hidup secara heterotrofReproduksi secara seksual
Ciri tubuh Mollusca Molusca terdiri da…

Trigonometri Dasar

Trigonometri berasal dari bahasa Yunani trigonon = tiga sudut dan metro = mengukur. Jadi Trigonometri adalah cabang ilmu matematika yang berhadapan dengan sudut segitiga dan trigonomertik seperti sinus, cosinus, dan tangen.

Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sinus, cosinus, dan tangen yang biasa disebut sin, cos, tan



Dari gambar diatas kita dapat beberapa persamaan dari sudut alpha

SINUS ALPHA


COSINUS ALPHA


TANGEN ALPHA


Dari Persamaan diatas dapat disimpulkan bahwa :
sinus = DE-MI



cosinus = SA-MI



tangen = DE-SA


Yang dimaksud Depan, Miring, Samping adalah sisi-sisi segitiga berdasarkan letak sudut.
Dapat dilihat dari gambar segitiga diatas sin alpha adalah sisi di depan sudut alpha dibagi sisi miring segitiga.

Dalam Trigonometri ada sudut sudut istimewa yaitu sudut (derajat) 0, 30, 45, 60, 90
Tabel sin, cos, dan tan sudut istimewa


Data tabel diatas diambil/didapat dari segitiga dibawah ini :


Ayo kita buktikan
Kita akan membuktikan sinus 3o

JADI

Terbukti kan ?
Sekarang silahkan …