Selasa, 09 Maret 2010

Proses Pembentukan, Faktor, dan Jenis-jenis Tanah


Wahwah .. Dapat tugas lagi nih dari guru geografi .. Disuruh nyari tentang tanah dan erosi ..

Pengertian Tanah
Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun atas mineral dan bahan organik

Proses Pembentukan Tanah
Pembentukan tanah di bagi menjadi empat tahap
  1. Batuan yang tersingkap ke permukaan bumi akan berinteraksi secara langsung dengan atmsosfer dan hidrosfer. Pada tahap ini lingkungan memberi pengaruh terhadap kondisi fisik. Berinteraksinya batuan dengan atmosfer dan hidrosfer memicu terjadinya pelapukan kimiawi.

  2. Setelah mengalami pelapukan, bagian batuan yang lapuk akan menjadi lunak. Lalu air masuk ke dalam batuan sehingga terjadi pelapukan lebih mendalam. Pada tahap ini di lapisan permukaan batuan telah ditumbuhi calon makhluk hidup.

  3. Pada tahap ke tiga ini batuan mulai ditumbuhi tumbuhan perintis. Akar tumbuhan tersebut membentuk rekahan di lapisan batuan yang ditumbuhinya. Di sini terjadilah pelapukan biologis.

  4. Di tahap yang terakhir tanah menjadi subur dan ditumbuhi tanaman yang ralatif besar.

Faktor Pembentukan Tanah
Ada beberapa faktor pembentukan tanah, diantaranya :
  1. Iklim
    • Suhu
      Jika suhu semakin tinggi maka makin cepat pula reaksi kimia berlangsung
    • Curah Hujan
      Makin tinggi curah hujan, makin tinggi pula tingkat keasaman tanah


  2. Bahan Induk
    Yang dimaksud bahan induk adalah bahan penyusun tanah itu sendiri yang berupa batuan

  3. Organik
    Bahan organaik berpengaruh dalam pembentukan warna dan zat hara dalam tanah.

  4. Makhluk Hidup
    Semua makhluk hidup berpengaruh. Baik itu jasad renik, tumbuhan, hewan bahkan manusia.

  5. Topografi
    Topografi alam dapat mempercepat atau memparlambat kegiatan iklim. Misalnya pada topografi miring membuat kecepatan air tinggi dan dapat meyebabkan terjadinya erosi.

  6. Waktu
    Lamanya bahan induk mengalami pelapukan dan perkembangan tanah memainkan peran penting dalam menentukan jenis tanah yang terbentuk.


Jenis-jenis Tanah
  1. Tanah Humus
    Tanah yang sangat subur berasal dari pelapukan daun dan batang di hutan hujan tropis yang lebat.

  2. Tanah Pasir
    Tanah yang kurang baik bagi pertanian. Terbentuk dari pelapukan batuan beku serta sedimen yang memiliki butir kasar dan berkerikil.

  3. Tanah Aluvial
    Tanah yang dibentuk dari lumpur sungai yang mengedap di dataran rendah.

  4. Tanah Podzolit
    Tanah subur yang pada umumnya berada di pegunungan dengan curah hujan yang tinggi

  5. Tanah Vulkanik
    Tanah yang terbentuk dari lapukan materi letusan gunung berapi dengan zat hara yang tinggi

  6. Tanah Laterit
    Tanah yang tadinya subur menjadi tidak subur karena unsur hara pada tanah tersebut terbawa oleh air hujan.

  7. Tanah Mediteran
    Tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan yang kapur

  8. Tanah Gambut
    Tanah Yang terbentuk dari lapukan tumbuhan rawa


Semoga membantu..

support blog ini dengan mengklik iklan diatas

21 comments:

Novi mengatakan...

Pandu..
tengkyu y artikel tanahny..mb copy bwt tgs kuliah y??hehe
salam kenal..

23 Maret 2010 10.14
Novi mengatakan...

eh y, pandu pnya artikel ttg pencemaran tanah dan air tanah gk?? kl pny tlong krim k email Nophie_phietha@yahoo.co.id y?makasih..

23 Maret 2010 10.19
Pandhu mengatakan...
Admin

sama sama kak.. ini juga dapet tugas dari guru geografi jadi sekalian aja di posting di sini.

23 Maret 2010 20.54
Pandhu mengatakan...
Admin

pencemaran air tanah belum dapet nih kak materinya .. jadi belum bisa di post .. maaf ya ..

23 Maret 2010 20.55
Ilmu bermanfaat mengatakan...

Thanks bgetyah udah membantu weee,mylsaikan tgas dri gru!!!!
slam knl aj dri gweeee

1 Mei 2010 20.30
Ilmu bermanfaat mengatakan...

thakns yah udh mmbantu gue mylsaikan tgas geo !!
slam knl aja dri gew

1 Mei 2010 20.32
Pandhu mengatakan...
Admin

oke bro .. sama sama .. salam kenal juga .. keep blogging !

2 Mei 2010 10.18
kina mengatakan...

q mu tanya nih..jenis aktivitas manusia yang paling berpengaruh dalam proses pembentukan tanah?? please jwb ya cz tu tgs penting..

10 Mei 2010 20.00
Pandhu mengatakan...
Admin

kayanya sih perindustrian sangat berpengaruh..
Industri akan menghasilkan polusi udara. dari polusi udara itu bisa terjadi hujan asam. hujan asam bisa jadi bersifat lebih korosif dari hujan biasa. dan air hujan asam yang lebih korosif itulah yang bisa menyebabkan lapuknya batuan dengan cepat sehingga menjadi tanah ..

hihi .. mohon koreksinya ..

10 Mei 2010 21.01
Rinie ◕‿◕ mengatakan...

tenks info na,,, materi kuliah nii hag hag

12 Mei 2010 12.34
Pandhu mengatakan...
Admin

oke . sama sama .. hhe

12 Mei 2010 15.54
ester renata patricia mengatakan...

Thanks buat materinya. It helped me at my project.

2 Juni 2010 21.42
Pandhu mengatakan...
Admin

sama sama .. senang bisa membantu . :D

2 Juni 2010 22.31
irna maulida mengatakan...

makasih atas artikelnya
membantu loh......:D

12 Juni 2010 06.52
Pandhu mengatakan...
Admin

iyaa .. sama sama .. :)

12 Juni 2010 14.56
lisda wathy mengatakan...

thanks bgeeetz yach uda bntuin aq for cri tugssss dgn baik n lengkap....

5 Februari 2011 11.50
vhe mengatakan...

mkch, iah gg jadi d marahin guru nich,hehehe

4 Maret 2011 08.42
Anonim mengatakan...

mkch ya sudah mau ngacih tau tentang proses pembentukan tanh sekali lagi thank veri much

22 April 2011 15.14
Basaruddin mengatakan...

makasih yaa... sering2 aja. itung2 tambah refrensi kuliah

9 Desember 2011 15.52
Mira mengatakan...

Kak Pandhu, kalau jenis-jenis tanah menurut cara pembentukannya itu apa aj? (Ini satu-satunya soal PR yang belum terjawab huee)

8 Januari 2012 10.04
Anonim mengatakan...

Thanks kak Pandhu!!!!! Makasiiiiiiihhh! Q ad ulangan dan materix kbetulan proses pembentukan tanah! Q nggak tau! makasih artikelnya ya! Lengkap lho!

29 Februari 2012 17.44

Poskan Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !