Sabtu, 20 Maret 2010

Phylum Porifera

Sobat pernah nonton Spongebob Squarepant ?
Yup, film kartun produksi Nikelodeon ini menceritakan tentang kehidupan seorang spon yang hidup di sebuah kota bernama Bikini bottom.

Kali ini kita akan menguak siapa sih sebenarnya si Spongebob itu ?
Materi ini telah berikan pada saat kita masih duduk di sekolah menengah pertama (SMP) namun akan lebih diperdalam di Sekolah Menengah Atas (SMA) di semester dua.

Kali ini kita akan membahas tentang :
  1. Pengertian Porifera
  2. Lapisan Porifera
  3. Struktur tubuh
  4. Sistem sirkulasi air
  5. Klasifikasi Porifera

Porifera (Latin, Phorus = pori-pori, ferre = pembawa) adalah hewan invertebrata yang mempunyai tubuh berpori-pori. Bentuk tubuh hewan ini tidak hanya kotak, tapi bermacam macam. Ada yang seperti piala, terompet, dan ada yang bercabang menyerupai tumbuhan. Struktur tubuhnya radial simetris. Porifera hidup di air laut dan air tawar.


Porifera memiliki tiga lapisan
  1. Epidermis (lapisan terluar)
    Lapisan terluar dari porifera dan tersusun oleh sel sel epitelium pipih yang disebut Pinakosit
  2. Mesoglea
    Lapisan pembatas antara epidermis dan endodermis. Mesoglea pada Porifera mengandung dua macam sel yaitu:
    • Sel Ameboid
      Sel ameboid berfungsi untuk mengangkut zat makanan dan zat-zat sisa metablisme dari sel satu ke sel lain
    • Sel Sklerobas
      Sel Sklerobas berfungsi sebagai pembentuk spikula
  3. Endodermis (lapisan dalam)
    Endodermis adalah lapisan dalam yang terdiri dari sel-sel leher atau koanosit yang memiliki flagel dan berfungsi sebagai pencerna makanan


Porifera mengeluarkan zat sisa metabolisme (Ekskresi dan Respirasi) secara difusi melalui permukaan tubuh.
Sel Koanosit pada porifera berfungsi sebagai alat pencernaan
Sel Arkeosit pada porifera berfungsi sebagai alat reproduksi.



Struktur tubuh
Photobucket
Keterangan.
oskulum    : tempat keluarnya air yang berasal dari spongosol
mesoglea   : lapisan pembatas antara lapisan dalam dan lapisan luar
porosit    : saluran penghubung antara pori-pori dan spongosol. tempat masuknya air.
spongosol  : rongga di bagian dalam tubuh porifera
ameboid    : sel yang berfungsi mengedarkan makanan.
epidermis  : lapisan terluar
spikula    : pembentuk/penyusun tubuh
flagel     : alat gerak koanosit
koanosit   : sel pelapis spongosol seta berfungsi sebagai pencerna makanan.
di bagian ujungnya terdapat flagel dan di pangkalnya terdapat vakuola.

Sistem sirkulasi air
Sistem saluran air pada porifera dibedakan menjadi tiga tipe yaitu :
  1. Ascon
    Ascon merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran lurus yang langsung menuju ke spongosol (rongga dalam)
  2. Sycon
    Sycon merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran yang bercabang-cabang ke rongga-rangga yang berhubungan langsung dengan spongosol
  3. Leucon.
    Leucon merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran yang bercabang-cabang ke rongga yang sudah tidak berhubunga langsung dengan spongosol.


Klasifikasi
  1. Calcarea
    Calcarea memiliki spikula dari zat kapur dan hidup di laut yang dangkal
  2. Hexactinellida
    Hexactinellida sering di sebut spons gelas. Memiliki spikula dari zat kresik dan hidup di laut yang dalam.
  3. Demospongiae
    Demospongiae bertubuh lunak karena tidak memiliki rangka.



Nah.. sekarang sobat sudah tau kan siapa sebenarnya spongebob itu.

Daftar pustaka : Buku Catatan Sekolah
Biologi 10 SMA : Diah Aryulina DKK.

support blog ini dengan mengklik iklan diatas

32 comments:

Christo Februanto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Pandhu mengatakan...
Admin

kalo kata tentor ane di bimbel, hewan invertebrata yang diploblastik itu cuma Coelenterata gan.

24 Maret 2010 23.28
Christo Februanto mengatakan...

sory gan dihapus komeng sebelumnya, mencoba menghapus komeng :D

eniwei kalo bingung tanya aja mbah gugel ato mbah wiki, oke gan?

tapi perasaan ane sih diploblastik itu porifera ama coelenterata, secara coelenterata aja yang lebih kompleks anatomi tubuhnya daripada porifera masuk diploblastik. Itu sih menurut ane aja gan, kalo salah maklum ya, masih anak sekolahan...

25 Maret 2010 00.25
Pandhu mengatakan...
Admin

oke deh gan.. nanti saya tanya ke tentor ane ya ..

santai aja gan . ane juga masih anak sekolahan ..

25 Maret 2010 22.03
novembri mengatakan...

aku mo tanya nieh....
berdasarkan lapisan invertebrata dibedakan menjdi berapa sich???? tolng sebutkan & jelaskan donk....
aku tunggu balasannya ya????

5 April 2010 15.25
Pandhu mengatakan...
Admin

Berdasarkan lapisan tubuh, invertebrata di bagi menjadi dua.
1. Diploblastik ( ektoderm dan endoderm )
2. Triploblastik ( ektoderm, mesoderm, dan endoderm

5 April 2010 17.40
Anonim mengatakan...

ak maaauu nanyaa dongg.
rongga tubuuuh ituu yg kayak gimana siih??

21 April 2010 19.02
Pandhu mengatakan...
Admin

yang dimaksud rongga (selom) bukan rongga dalam porifera atau coelenterata. Rongga tubuh (selom) mulai dimiliki filum anelida.

21 April 2010 20.46
Anonim mengatakan...

makasi

6 Mei 2010 19.41
Pandhu mengatakan...
Admin

sama sama :)

6 Mei 2010 20.11
Anonim mengatakan...

Nice Blog..

8 Mei 2010 20.36
Pandhu mengatakan...
Admin

thanks ,, :D

8 Mei 2010 22.09
Anonim mengatakan...

tambahin juga tentang gemule= hasil reproduksi aseksual spons air tawar yang tahan terhadap kondisi lingkungan yg buruk. dan biasanya dilindungi ole spikul, yakni rangka berbentuk seperti jarum yg terbuat dr zat kapur... dan tambahin juga bahwa penyebab dari bentuk porifera yang beraneka ragam yakni dari sistem saluran air tersebut, dimana kebanyak porifera memiliki tipe saluran air leuconoid.

Dan buat penulis jangan lupa mencantumkan sumber pustaka yg diacu, biar gk kena klaim nantinya....

22 September 2010 01.13
Pandhu mengatakan...
Admin

Makasih sarannya. daftar pustaka akan segera di cantumkan

23 September 2010 14.45
rafael andres otero avila mengatakan...

Hola al que desee conocer mas acerca de este grupo bienvenido al grupo phylum-porifera en http://phylum-porifera.blogspot.com

25 September 2010 22.58
Anonim mengatakan...

jenis sel apa yang membawa arus air melalui tubuh sponge??? tlog djawab PR qu ini kziank...

2 Maret 2011 20.30
Anonim mengatakan...

thanks ya ini semua bantu tugas gua banget nih yoman

13 Maret 2011 19.16
sahida mengatakan...

wah, ente pasti pinter
numpang ngopi yaa
thanks before :)

3 April 2011 07.27
Anonim mengatakan...

iyho pho

9 Mei 2011 20.32
Thamsyl amyrh mengatakan...

kamu mengcopy blogsku ya.. wah saya keberatan.. tp promosikan juga yah blogsku biar rame juga

5 Juni 2011 12.00
Pandhu mengatakan...
Admin

hah ? saya copas blog anda ? ga kebalik ya ? hihihi. kasian

5 Juni 2011 13.59
Anonim mengatakan...

makasih mas gan, bantu banget nih buat tugas :))

21 November 2011 17.41
princess sarah ♕ mengatakan...

thanks yaa bermanfaaat bgt :)

11 Februari 2012 07.49
Aryanta mengatakan...

makasi datanya. tugas saya akhirnya bisa terjawab. jadi SPONGEBOB = PORIFERA

24 Februari 2012 18.52
Khoirun Arifbillah mengatakan...

daur hidup porifera gimana?

7 Maret 2012 17.03
Anonim mengatakan...

.hemb,, izin copas ya... :)

#buat tugas nih...., gaga apa''.kan... :) :)
.maaf ya sebelum.nya...

11 Maret 2012 20.06
Anonim mengatakan...

rongga tubuh phylum porifera apa aja ?

14 Maret 2012 17.14
ZhieZZ mengatakan...

spongebob ituuu...
baguuuuzzzz bgeetzz,
sipt dah :)
asal usul.a baguzzzzz pa gi spongbob.a....
m'pelajari porifera tu seru abizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz.......................

23 April 2012 16.06
ZhieZZ mengatakan...

porifera itu bz mati gax?low bz dead tu karna pa?di jwb yho

23 April 2012 16.08
ikbal mengatakan...

porifera merupakan hewan diplobastik apa ?

8 Mei 2012 09.19
Anonim mengatakan...

aku mau tanya!
jelaskan cara berkembang biak pada porifera baik secara vegetatif maupun secara generatif!

14 Mei 2012 12.35
Anonim mengatakan...

Porifera yang ciri cirinya bertubuh lunak nama lainnya apa yaa? Makasihh:)

27 Mei 2012 14.58

Poskan Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !