Rabu, 10 Februari 2010

Phylum Coelenterata (Cnidaria)

Huah .. dapat tugas lagi nih dari guru.
Sebenernya sih tugas kelompok, tapi kami begi jadi beberapa bagian buat dikerjain sama anggota-anggota kelompok kami. Dan nanti akan disatukan kembali.
Nah, kebetulan kelompok kami dapet tugas membahas Filum coelenterata. Setelah dibagi bagi, gw dapet bagian definisi dan ciri-ciri dari hewan invertebrata tersebut.


Kali ini kita akan membahas tentang :
  1. Pengertian Coelenterata
  2. Ciri-ciri
  3. Coelentarata Polip
  4. Coelenterata Medusa
  5. Cara Hidup
  6. Reproduksi
  7. Klasifikasi


Coelenterata berasal dari bahasa Yunani, yaitu coelenteron yang artinya rongga. Jadi, Coelenterata adalah hewan invertebrata yang memiliki rongga tubuh
Rongga tersebut digunakan sebagai alat pencernaan (gastrovaskuler)

Namun filum Coelenterara lebih dikenal dengan nama Cnidaria. Kata Cnidaria berasal dari bahasa Yunani, cnido yang berarti penyengat karena sesuai dengan cirinya yang memiliki sel penyengat. Sel penyengat tersebut terletak pada tentakel yang terdapat di sekitar mulutnya.


Ciri-ciri :

  1. Meruupakan Hewan multiseluler Invertebrata
  2. Habitatnya di laut atau air tawar
  3. Struktur tubuhnya radial simetris
  4. Memiliki sel-sel knidosit/knidoblast yang berisi organel-organel penyengat.
  5. Tubuh simetri radial
  6. Tubuhnya terdiri dari kantong dan rongga gastrovaskuler untuk mencerna makanan.
  7. Memiliki mulut sekaligus sebagai anus
  8. Memiliki tentakel yang berfungsi untuk menangkap mangsanya.
  9. Memiliki bentuk tubuh polip dan medusa.


Gambar Cnidaria polip

Photobucket

Gambar Cnidaria medusa

Coelenterata

sumber gambar : http://biologigonz.blogspot.com/2009/11/coelenterata-theory.html

Keterangan :
  • Epidermis : epitelium luar berfungsi sebagai pelindung
  • Gastrodermis : epitelium dalam berfungsi sebagai pencernaan, berasal dari bahan gelatin
    Gelatin merupakan protein yang diperoleh dari hidrolisis kolagen yang secara alami terdapat pada tulang atau kulit binatang.
  • Gastovascular cavity : rongga gastrovaskuler berfungsi sebagai usus
  • Mesoglea : lapisan bukan sel yang terdapat di antara lapisan epidermis dan gastrodermis
  • Mulut/anus : Mulut dan anus pada filum ceolenterata terdapat pada satu lubang
  • Body stalk : batang tubuh
  • Tentakel : organ tubuh yang dapat memanjang dan fleksibel



Cara hidup

Coelentera hidup secara heterotrof dengan memangsa plankton dan hewan kecil lainnya yang berada di air. Coelenterata lumpuhkan mangsanya dengan menggunakan tentakelnya yang memiliki sel knidosit. Setelah mangsanya itu lumpuh, tentakel menggulung dan membawa mangsa ke mulut.
Coelenterata seluruhnya hidup di air, baik itu air laut ataupun air tawar. Sebagian besar hidup berkoloni atau soliter. Coelenterata yang berbentuk polip hidup soliter atau berkoloni di dasar air. Polip tidak dapat berpindah tempat. Sedangkan coelenterata yang berbentuk medusa dapat melayang bebas di dalam air.

Reproduksi Coelenterata

Reproduksi pada coelenterata terjadi secara aseksual dan seksual. Reproduksi secara aseksual dilakukan dengan membentuk tunas berupa polip yang hidup berkoloni di dasar air. Sedangkan reproduksi seksual pada coelenterata dilakukan dengan pembentukan gamet. Gamet dihasilkan oleh selurh coelenterata berbentuk medusa dan beberapa berbentuk polip.

Filum coelenterata dibagi dalam tiga kelas yaitu
  1. Hydrozoa
  2. Scyphozoa
  3. Anthozoa
Akhirnya selesai sudah tugas saya ,,
Saatnya menguasai materi untuk presentasi !! :D
Daftar pustaka : Buku Catatan Sekolah

support blog ini dengan mengklik iklan diatas

33 comments:

fiqihkurniadi mengatakan...

bisa tolong buatin powerpoint kingdom gak???

heuhehe

3 April 2010 19.07
Pandhu mengatakan...
Admin

weleh weleh .. kingdom kan banyak sob .. gak sanggup dah kalo yang itu ..

3 April 2010 21.35
RuLi , uChuL mengatakan...

makasih ya , jadi bisa di copy deh . tugasnya sama nih , skali lagi thanks ya :)

4 April 2010 11.00
Pandhu mengatakan...
Admin

sama sama .. senang bisa membantu .. hihi
makasih juga udah menyempatkan waktu meninggalkan komentar ..

4 April 2010 18.38
Anonim mengatakan...

hihi .. aku copas yaa

12 April 2010 18.45
Pandhu mengatakan...
Admin

silahkan .. hihi

12 April 2010 21.39
rizka mengatakan...

asslm,,numpang lewat ya ?? sekalian mw kenalan juga...gw Rizka Faulina ank kuansing,Riau...gue from senior high school smart school kuansing......

17 April 2010 16.49
Pandhu mengatakan...
Admin

wsalam.. gw pandhu dari SMAN 3 Depok . salam kenal ..

17 April 2010 18.22
erischa mengatakan...

makasih,,, jadi tinggal copy,,,, kelar dech tugas!!!!!!!

21 April 2010 16.50
Pandhu mengatakan...
Admin

sama sama .. dibaca juga ya ..

21 April 2010 20.42
simsom mengatakan...

siklus hidip'a gmna ?
pengelompokan hewannya tw gk ???

5 Mei 2010 16.51
Pandhu mengatakan...
Admin

siklus hidup :
medusa - fertilisasi (menjadi ZIGOT) - planula - skifistoma - strobila - efira - medusa ..

klasifikasinya :
Hydrozoa
scyphozoa
anthozoa

5 Mei 2010 20.38
ChIk@ mengatakan...

fiqihkurniadi, males ah. masa gitu doang susah. anak INDONESIA kan kreatip! harus bkin ndiri dong powerpointnya!

11 Mei 2010 20.46
Pandhu mengatakan...
Admin

namanya juga indonesia . liat aja para pemimpinnya gimana ???

12 Mei 2010 15.53
cika mengatakan...

makasih ya, aku juga dapet tugas ini dari guru, jadi bisa lebih gampang deh ngerjainnya....

26 Mei 2010 19.43
Pandhu mengatakan...
Admin

ok. sama sama .. hhe .. di pahami ya ..

26 Mei 2010 22.03
saya mengatakan...

makasih ya infonya, bermanfaat banget d^^b

3 Juni 2010 17.01
Pandhu mengatakan...
Admin

sama sama .. seneng deh bisa ngebantu .. :D

3 Juni 2010 22.18
Anonim mengatakan...

makasih, jadi ngebantu ada gambarnya + penjelasanya ;)

15 September 2010 18.26
Anonim mengatakan...

makasih bosss...usefull for my paleontology homework

27 September 2010 18.03
Anonim mengatakan...

lumayan membantu..
tapi masih da kurang.. bisa lebih spesifik mengenai klasifikasinya..

1 Januari 2011 20.12
Pandhu mengatakan...
Admin

untuk klasifikasinya bisa di klik

2 Januari 2011 10.11
Anonim mengatakan...

Makasih ya, udah ngebantu buat tugas biologi , meringkas coelenterata.

12 Januari 2011 18.46
raddy mengatakan...

thanks bgt bro,
berguna banget nih..
kebetulan gue lg disuruh bikin tugas tentang coelenterata..
sukses bro!

21 Januari 2011 15.45
Anonim mengatakan...

terimakasih lhoo
jazakumullah,,
ini bermanfaat bangettenkyu

16 Maret 2011 20.50
ali.biologi mengatakan...

thanks buat materinya,..............

28 September 2011 21.44
anggrrawpp mengatakan...

makasih nih artikelnya ngebatu bgt :)

31 Januari 2012 19.36
Icha mengatakan...

thanks yea., ngebantu bgt

25 Februari 2012 21.49
Anonim mengatakan...

ehh, mau tx klo tau mohon di jwb
1.mengapa kelas ctenophora tidak memiliki nematokis?
2.mengapa colenterata termasuk hewan triploblastik?
3.bagaimana cara colenterata bernafas
4.jelaskan reproduksi seksual yang dilakukan secara fertilisasi eksternal pada kelas anthozoa
5.bgamna cara ubur-ubur dlm mmproduksi sel penyengat
6.sebutkan fungsi tentakel
7.perbedaan polip hidran dan polip gonanium
8.jelaskan struktur tubuh coelentarata

2 Maret 2012 07.56
Muh. afdal mengatakan...

data valid jg yac

11 Maret 2012 19.25
Anonim mengatakan...

liburan 1 minggu tugas numpuk nich !!
tapi ttap smngat ajah ngerjainnya !
nah kbtulan dpt tgas buar tgas power point mngenai filum coelentarata !!
ada contohnya gag ? :)

12 Maret 2012 10.00
priyo wibowo mengatakan...

sangat membantu

mksh

14 Maret 2012 16.47
dhita mengatakan...

enax dech ada situs ini jadi ngax repot lg cr tugasnya
mkch ea :-)

26 April 2012 18.48

Poskan Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya !